Tips Memilih Bubuk Coklat Premium yang Enak

Coklat panas, es coklat, kue coklat, atau roti coklat merupakan variasi makanan atau minuman yang menggunakan coklat bahan utamanya. Rasa coklat memang menjadi favorit banyak orang karena memiliki cita rasa khas yang pekat dan enak. Salah satu bahan yang harus anda miliki untuk membuat berbagai variasi coklat tersebut adalah bubuk coklat. 

Untuk membuat berbagai makanan atau minuman coklat yang enak, tentu saja anda butuh bubuk coklat yang enak. Namun, tidak semua produk bubuk coklat memiliki cita rasa yang enak sehingga anda harus mencari bubuk coklat premium. Berikut inilah beberapa tips memilih bubuk coklat premium terenak yang bisa anda coba: 

1. Kandungan Kakao yang Tinggi

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kandungan kakao pada produk bubuk coklat tersebut. Kakao merupakan biji coklat yang akan menghasilkan bubuk coklat. Biji kakao akan melalui berbagai proses, mulai dari fermentasi sampai penggilingan untuk mendapatkan bubuk coklat yang berkualitas. 

Semakin tinggi kandungan kakao pada bubuk coklat, maka akan semakin pekat dan kuat rasa coklat yang dihasilkan. Ini akan berpengaruh terhadap hasil akhir dari setiap makanan atau minuman coklat yang anda buat. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan kandungan kakao pada suatu produk bubuk coklat.

Tingginya kandungan kakao juga menandakan bahwa produk bubuk coklat tersebut menggunakan sedikit tambahan bahan lainnya sehingga rasanya akan menjadi lebih murni. Bubuk coklat dengan kandungan kakao yang tinggi juga menandakan bahwa bubuk coklat tersebut memberikan manfaat kesehatan yang banyak karena kakao sendiri memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Pilihlah bubuk coklat dengan kandungan kakao yang melebihi 50%, semakin tinggi akan semakin bagus. Anda bisa mengetahui kandungan kakao pada bubuk coklat dari tabel nutrisi atau keterangan komposisi di bagian belakang kemasan. Biasanya produk bubuk coklat juga memberikan keterangan kandungan kakao yang besar pada bagian depan kemasannya. 

2. Tanpa Tambahan Gula Berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan kakao yang tinggi menjadi pertanda bahwa bubuk coklat tidak mengandung banyak bahan lainnya. Salah satu bahan lain yang harus anda perhatikan adalah gula. 

Sebenarnya kakao memiliki rasa yang pahit dan pekat sehingga beberapa bubuk coklat menambahkan gula untuk membuat rasanya lebih mudah diterima oleh sebagian besar orang. Namun, hanya sedikit produk bubuk coklat yang menambahkan gula dalam batasan yang wajar. 

Tambahan gula yang berlebihan dapat membuat rasa manis yang berlebihan pula sehingga menutupi rasa khas dari coklat yang anda inginkan. Hal ini tentu saja membuat berbagai makanan atau minuman coklat yang anda buat jadi kurang terasa dan justru cenderung manis. 

Bukan hanya soal rasa saja, tetapi kandungan gula yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan diabetes bagi orang yang mengkonsumsinya. Penyakit diabetes tentu saja dapat sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian. 

Selain jumlah kandungan gula pada bubuk coklat, anda juga harus memperhatikan jenis gula yang digunakan. Usahakan untuk membeli produk bubuk coklat dengan kandungan gula organik daripada gula pasir. 

Gula organik merupakan gula yang tidak banyak melalui proses kimiawi sehingga memiliki indeks angka glikemik yang lebih sedikit dibandingkan gula pasir. Angka glikemik yang rendah membuat gula darah anda tetap terjaga, sedangkan gula pasir dengan angka glikemik yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah. 

3. Proses Pengolahan yang Baik

Tips selanjutnya yang perlu anda perhatikan ketika memilih produk bubuk coklat adalah memperhatikan proses pengolahannya. Bubuk coklat premium yang berkualitas dan enak pasti memiliki proses pengolahan yang baik, mulai dari pengolahan biji coklat hingga penambahan beberapa bahan lainnya. 

Biji coklat yang sudah matang biasanya akan melalui proses fermentasi terlebih dahulu selama beberapa hari untuk mendapatkan aroma dan rasa khas yang lebih kuat. Setelah melalui proses fermentasi, biji coklat akan dikeringkan terlebih dahulu selama beberapa hari. 

Setelah itu, biji coklat akan digiling untuk menjadi bubuk coklat. Terakhir, barulah ditambahkan beberapa bahan pendukung untuk membuat rasanya semakin enak. Proses pengolahan bubuk coklat yang baik tidak akan melibatkan banyak bahan kimia yang dapat mengurangi rasa dan manfaat dari kakao. 

4. Tekstur dan Aroma yang Menarik

Setiap makanan atau minuman yang enak pasti memiliki aroma dan tekstur yang menarik minat anda. Begitu juga dengan bubuk coklat premium yang enak pasti memiliki tekstur dan aroma yang menarik, bahkan ketika anda belum mengolahnya sama sekali. 

Ketika anda membuka bubuk coklat tersebut, maka anda akan bisa merasakan aroma yang khas dari produk tersebut. Selain itu, anda akan merasakan tekstur yang kental dan lembut ketika memegang bubuk coklat tersebut. 

Kalau anda kurang yakin, maka anda bisa coba membuatnya terlebih dahulu. Tidak perlu membuat makanan atau minuman yang ribet, cukup buat coklat panas terlebih dahulu untuk memastikan tekstur dan aroma dari bubuk coklat tersebut. 

Seduh bubuk coklat yang sudah anda pilih menggunakan air panas dan aduk hingga merata. Coklat panas tersebut akan menghasilkan aroma yang sangat khas sehingga membuat tubuh anda menjadi lebih rileks. Ketika anda meminumnya, anda akan merasakan tekstur yang lembut dan kental. 

5. Pilih Cokelatin

Kalau anda masih kesulitan dan kebingungan mencari produk bubuk coklat premium terenak, maka pilih saja Cokelatin. Cokelatin merupakan produk bubuk coklat premium terenak yang telah memenuhi syarat yang telah disebutkan sebelumnya, mulai dari kandungan kakao yang tinggi, tidak mengandung tambahan gula yang berlebihan, melalui proses pengolahan yang baik, serta memiliki tekstur dan aroma yang menarik. 

Cokelatin memiliki produk dengan nama Cokelatin Signature Dark Choco yang mengandung kakao sebanyak 80% sehingga membuat rasanya sangat pekat. Rasa coklat dari Cokelatin Signature Dark Choco sangat kuat dan terasa.

Produk bubuk coklat yang satu ini juga tidak mengandung gula tambahan yang terlalu banyak. Bahkan gula yang digunakan merupakan gula organik tanpa banyak proses kimiawi yang berbahaya bagi tubuh. Dengan tambahan sedikit gula organik, maka hanya akan memberikan sedikit rasa manis tanpa mengurangi cita rasa kuat dari coklatnya. 

Cokelatin Signature Dark Choco juga melalui proses pengolahan yang baik di Sulawesi Selatan oleh petani lokal. Biji coklat yang digunakan merupakan biji coklat yang sudah terpilih hingga bisa melalui proses selanjutnya. 

Terakhir, Cokelatin Signature Dark Choco memiliki tekstur yang sangat kental dan lembut serta aroma khas yang bisa membuat tubuh anda rileks. Anda bisa mencoba menyeduh bubuk Cokelatin Signature Dark Choco terlebih dahulu.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dalam memilih bubuk coklat premium terenak dan terbaik. Cokelatin Signature Dark Choco merupakan produk bubuk coklat terbaik yang bisa anda beli di sini

Recent Post

Follow Us