Produsen Bubuk Coklat Indonesia

Indonesia merupakan salah satu produsen coklat terbesar di dunia yang telah mengirimkannya ke seluruh dunia. Kakao memang salah satu komoditas yang cukup dibutuhkan oleh seluruh dunia untuk berbagai produk, mulai dari coklat batangan, bubuk coklat, dan produk lainnya. Namun, masih sangat sedikit produsen dalam negeri yang bisa mengolah biji kakao tersebut menjadi produk yang siap digunakan.

Sejauh ini, hanya Cokelatin yang menjadi produsen coklat dalam negeri yang berhasil mengolah biji kakao menjadi bubuk coklat premium yang enak dan berkualitas. Berdiri sejak tahun 2016, Cokelatin telah berhasil membuat berbagai varian produk. Pada artikel ini, anda akan mengenal Cokelatin sebagai produsen bubuk coklat asli dari Indonesia dengan lebih dalam dan detail.

Berasal dari Kakao Indonesia

Cokelatin merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang berdiri sejak tahun 2016 lalu dengan misi mengenalkan coklat asli Indonesia ke seluruh dunia. Membaca isi misi tersebut, sudah pasti kalau Cokelatin menggunakan kakao asli yang di tanam di Indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan pada kalimat pembuka bahwa Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kakao terbesar di dunia sehingga banyak biji kakao yang bisa diolah di dalam negeri. Setidaknya ada 3 varietas kakao yang terkenal di dunia, yaitu Criollo, Trinitario, dan Forastero.

Dari ketiga varietas kakao tersebut, Criollo merupakan jenis kakao yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang khas dengan aroma lembut. Namun, Criollo merupakan varietas kakao yang sangat langka karena mudah mati karena penyakit atau serangan dari hama.

Di Indonesia sendiri, kakao Criollo dapat tumbuh dengan subur karena Indonesia memiliki iklim dan kesuburan tanah yang cocok dengan jenis kakao ini. Kakao Criollo dapat tumbuh dengan subur di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Timur. Karena tumbuh di Pulau Jawa, namanya menjadi Java Criollo.

Cokelatin membudidayakan Java Criollo dan mengolahnya menjadi salah satu varian produknya yang paling terkenal, yaitu Cokelatin Signature Java Criollo. Varian bubuk coklat yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat, seperti varietas kakao Criollo yang diakui oleh seluruh dunia.

Selain Java Criollo, Indonesia juga memiliki varietas coklat lainnya yang tumbuh subur di Sulawesi Selatan. Kakao yang satu ini juga tidak kalah nikmat dari kakao Java Criollo sehingga diolah oleh Cokelatin menjadi beberapa varian bubuk coklat, seperti Cokelatin Signature Dark Choco, Cokelatin Signature Creamy Latte, dan Cokelatin Signature Sweet Classic.

Melalui Proses Fermentasi

Dikutip dari situs Universitas Medan Area, proses fermentasi menjadi bagian yang paling penting dan menentukan cita rasa serta aroma dari coklat. Bukan hanya itu saja, proses fermentasi juga berperan penting untuk meningkatkan kualitas kakao yang akan diolah sehingga bisa menghasilkan berbagai produk yang lebih enak.

Proses fermentasi dilakukan dengan tujuan untuk mengeluarkan lendir dari kulit kakao sehingga bisa melindunginya dari serangan hama dan penyakit. Tujuan lainnya dari dilakukan proses yang satu ini adalah untuk menghilangkan rasa pahit dari biji kakao serta membuat warna coklat yang lebih menarik dan bersih. 

Untuk melakukan proses fermentasi pada biji kakao sebenarnya cukup mudah dimana anda hanya membutuh beberapa alat saja, seperti pisau, kotak untuk melakukan proses fermentasi sebanyak 2 buah, dan talenan. Pertama, belahlah buah coklat untuk mengeluarkan bijinya yang masih terbungkus pulp. Kemudian masukkan biji tersebut beserta pulp ke dalam kotak fermentasi yang sudah anda siapkan sebelumnya dan biarkan selama 24 jam terlebih dahulu.

Setelah 24 jam, pindahkan biji kakao tersebut dari kotak fermentasi pertama ke kotak fermentasi yang kedua dan diamkan selama 24 jam lagi. Kemudian, pindahkan biji dari kotak fermentasi kedua ke kotak fermentasi yang pertama dan biarkan selama 24 jam lagi. Proses ini dapat anda lakukan berulang kali hingga 5 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kalau proses ini sudah selesai, ambil biji kakao dan cuci terlebih dahulu. Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari hingga kadar airnya kurang dari 10%. Setelah tahapan ini, proses fermentasi telah selesai sehingga biji kakao siap untuk digiling menjadi bubuk coklat.

Seperti itulah gambaran proses fermentasi yang dilakukan oleh Cokelatin sehingga bisa menghasilkan coklat yang berkualitas tinggi dan enak. Semua proses tersebut dilakukan dengan serius dan prosedur yang sangat ketat agar rasa yang dihasilkan tetap konsisten.

Tekstur Rasa yang Lebih Enak

Salah satu kelebihan bubuk coklat Cokelatin dibandingkan bubuk coklat lainnya adalah tekstur yang lebih kental dan rasa yang lebih enak. Hal ini didukung dengan kandungan kakao yang sangat tinggi dan komposisi lainnya yang turun berpengaruh. Cokelatin memang menggunakan berbagai bahan pilihan untuk setiap produknya.

Kandungan kakao pada Cokelatin Signature Java Criollo dan Cokelatin Signature Dark Choco bahkan mencapai 80% sehingga memberikan rasa coklat yang sangat kuat. Sedangkan Cokelatin Signature Creamy Latte dan Cokelatin Sweet Classic hanya mengandung sekitar 50% kakao yang cocok untuk anda yang ingin rasa coklat lebih ringan.

Semua varian produk dari Cokelatin juga mengandung krimer non susu yang tinggi akan lemak sehingga membuat teksturnya menjadi lebih kental. Selain itu, berbagai produk Cokelatin tersebut juga mengandung gula organik yang lebih sehat untuk tubuh dibandingkan gula pasir pada umumnya. Terakhir, Cokelatin juga mengandung cocoa butter yang memiliki lemak sehat dan membuat rasa coklat menjadinya lebih terasa.

Selain membuat tekstur menjadi lebih kental dan enak, semua bahan yang digunakan pada produk Cokelatin juga menyehatkan bagi tubuh. Kandungan kakao yang tinggi membuat tubuh mendapatkan antioksidan yang cukup, krimer non susu yang tinggi akan serat melancarkan pencernaan, gula organik menjaga lonjakan gula darah di dalam tubuh, sedangkan cocoa butter memberikan lemak baik yang bisa melawan kolesterol.

Pilih Cokelatin Produsen Bubuk Coklat Indonesia

Berbagai penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya sudah menunjukkan bahwa Cokelatin bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk anda. Cokelatin sebagai produsen bubuk coklat asli dari Indonesia selalu memberikan olahan coklat terbaik asli Indonesia untuk anda.

Anda bisa membuat berbagai jenis makanan atau minuman dari bubuk coklat Cokelatin, seperti coklat panas, kue coklat, roti coklat, es coklat, dan lain sebagainya. Harga setiap varian produk dari Cokelatin juga cukup terjangkau. Selain itu, Cokelatin juga memiliki berbagai varian, mulai dari Cokelatin Signature Java Criollo, Cokelatin Signature Dark Choco, bubuk coklat yang lebih ringan, seperti Cokelatin Signature Creamy Latte dan Cokelatin Signature Sweet Classic, bubuk coklat murni, dan coklat batangan yang terbuat dari kakao Java Criollo.

Anda bisa membeli berbagai produk dari Cokelatin di berbagai e-commerce langganan anda atau mengunjungi toko online resmi Cokelatin di sini.

Recent Post

Follow Us