Cokelatin Minuman Bubuk Coklat Indonesia

Jangan kaget kalau anda mendengar bahwa Indonesia merupakan salah penghasil komoditas kakao terbesar di dunia karena hal ini memanglah fakta. Ada salah satu varietas kakao terkenal di dunia yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, yaitu kakao Criollo. Kakao ini tumbuh di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Timur. Selain itu, Indonesia juga memiliki coklat yang tumbuh dengan subur di Sulawesi Selatan.

Salah satu produsen asal Indonesia yang berhasil mengolah kedua jenis kakao tersebut menjadi bubuk coklat premium adalah Cokelatin. UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah yang telah berdiri sejak tahun 2016 ini telah memiliki berbagai produk coklat premium yang sangat berkualitas. Bagi anda yang baru mengenal Cokelatin, maka akan mengenali lebih dalam tentang produsen coklat ini lebih dalam pada artikel ini.

Memiliki Kualitas Terbaik

Sebagai produsen bubuk coklat yang sudah berdiri sejak tahun 2016, tentu saja Cokelatin memiliki segudang pengalaman untuk membuat produk yang berkualitas. Selain didukung oleh sumber daya coklat asli dari Indonesia, Cokelatin juga mampu melakukan proses pengolahan dengan sempurna.

Untuk menghasilkan produk coklat premium yang berkualitas, Cokelatin memiliki standar proses pengolahan yang tinggi dan sangat ketat. Proses ini dimulai dengan memilih kakao terbaik yang sudah bisa dipanen. Langkah ini sangat penting sebelum masuk pada proses selanjutnya, yaitu proses fermentasi.

Setelah mendapatkan kakao terbaik dari hasil panen, proses fermentasi akan dimulai dengan tujuan untuk menghilangkan rasa pahit pada kakao dan mendapatkan aroma yang diinginkan. 

Proses fermentasi biasanya berlangsung selama seminggu dimulai dengan membelah kakao untuk mendapatkan bijinya. Setelah itu, biji yang sudah didapatkan akan dimasukkan ke dalam kotak fermentasi selama 24 jam. Ketika 24 telah berlalu, biji kakao akan dipindahkan ke kotak fermentasi yang lain dan diamkan selama 24 jam. Proses ini akan terus dilakukan berulang kali hingga 5 kali.

Jika proses fermentasi telah selesai dilaksanakan, biji kakao sudah bisa diambil dan dicuci terlebih dahulu sebelum masuk pada proses selanjutnya. Proses selanjutnya adalah mengeringkan biji kakao dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari untuk mengurangi kadar airnya. Jika kadar air biji kakao sudah kurang dari 10%, maka biji kakao siap digiling menjadi bubuk coklat.

Proses ini yang terus dijaga oleh Cokelatin agar tetap bisa menghasilkan produk berkualitas secara konsisten. Tidak heran kalau produk Cokelatin selalu memiliki kualitas terbaik dari tahun ke tahun.

Rasa yang Enak dan Berkelas

Cokelatin juga memiliki rasa yang enak dan berkelas. Hal ini bisa anda buktikan dengan melihat komposisi bahannya. Salah satu bahan wajib di dalam komposisi bubuk coklat adalah kakao. Semakin tinggi kandungan kakao pada produk bubuk coklat, maka akan semakin pekat dan kuat rasanya.

Bubuk coklat Cokelatin sendiri mengandung hingga 80% kakao yang membuat rasa coklatnya cukup kuat dan pekat. Cokelatin Signature Java Criollo menggunakan 80% kakao Java Criollo, sedangkan Cokelatin Signature Dark Choco mengandung 80% kakao asli Sulawesi Selatan. Kalau anda ingin rasa coklat yang lebih ringan, ada Cokelatin Signature Creamy Latte dan Cokelatin Signature Sweet Classic yang mengandung 50% kakao asli Sulawesi Selatan.

Kandungan kakao yang tidak pelit tersebut akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi anda, mulai dari menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, menjaga tekanan darah, menjaga agar anda tetap fokus, dan meningkatkan semangat serta mood anda. 

Kakao memang mengandung flavonoid dan berbagai kandungan antioksidan yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Flavonoid berguna untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Sedangkan antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan menjaga agar sel di dalam tubuh tidak rusak.

Semua varian produk dari Cokelatin juga memiliki tekstur yang kenal untuk mendukung cita rasanya yang enak. Kandungan krimer non susu pada berbagai varian tersebut yang menyebabkan tekstur kental yang membuat pengalaman anda menikmati secangkir coklat menjadi lebih sempurna. 

Selain itu, krimer non susu yang digunakan oleh Cokelatin juga tinggi akan serat pangan sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan anda. Minum Cokelatin setiap hari bisa membuat pencernaan anda menjadi lebih sehat. 

Pada umumnya, kakao memang memiliki rasa yang pahit sehingga butuh sedikit gula untuk menciptakan rasa yang manis. Cokelatin juga menambahkan sedikit gula pada berbagai varian produknya. Namun, jumlah gula yang diberikan sangat terbatas dan jenis gula yang digunakan adalah gula organik. 

Dengan menggunakan gula organik, maka Cokelatin menjadi lebih sehat karena tidak akan membuat gula darah di dalam tubuh anda naik dalam seketika. Gula organik merupakan gula yang tidak melalui banyak proses kimia, seperti gula pasir. Proses yang lebih sedikit itu membuat indeks angka glikemik pada gula organik lebih rendah sehingga mampu menjaga kadar gula darah tubuh anda. 

Berbagai varian produk dari Cokelatin juga menggunakan cocoa butter sebanyak 22%. Cocoa butter merupakan minyak yang diekstrak dari kakao itu sendiri sehingga memiliki rasa yang kurang lebih sama dengan coklat. Maka dari itu, penggunaan cocoa butter akan membuat rasa coklat pada Cokelatin menjadi lebih kuat dan pekat lagi. 

Selain itu, cocoa butter juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Konsumsi Cokelatin yang mengandung cocoa butter secara rutin bisa menjaga kolesterol anda. 

Semua komposisi tersebut membuat berbagai varian produk dari Cokelatin memiliki rasa enak yang sangat berkelas. Bukan hanya enak saja, tetapi juga membuat Cokelatin memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk anda. 

Sudah diakui di Internasional

Pertama kali berdiri, Cokelatin sudah membawa misi untuk mengenalkan coklat asli Indonesia ke seluruh negeri. Misi ini mulai terlaksana karena Cokelatin telah mendapatkan pengakuan dalam skala internasional sebagai salah satu produk bubuk coklat premium dengan rasa terbaik.

Sudah diakui secara internasional tentu saja menunjukkan bahwa Cokelatin bukanlah brand bubuk coklat sembarangan. Kualitas Cokelatin sudah mengikuti standar internasional sehingga bisa menghasilkan rasa yang enak. 

Salah satu produk Cokelatin yang sangat disukai dalam dunia internasional adalah Cokelatin Signature Java Criollo. Kakao Java Criollo memang merupakan salah satu jenis coklat yang cukup disukai sehingga membuat Cokelatin Signature Java Criollo lebih disukai dan diakui secara internasional. 

Produk UMKM Terpercaya

Cokelatin merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang sudah terpercaya sehingga anda tidak perlu ragu lagi membelinya. Produsen bubuk coklat yang satu ini telah berhasil mengangkat perekonomian petani coklat lokal hingga mengadakan berbagai event internasional untuk mengenalkan bubuk coklat asli Indonesia. 

Cokelatin memang minuman bubuk coklat Indonesia terbaik yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Selain produk yang telah disebutkan sebelumnya, Cokelatin juga memiliki produk coklat Java Criollo murni dan coklat Java Criollo dalam bentuk batangan. 

Recent Post

Follow Us