Tips Membuat Coklat Kental yang Enak

Coklat dengan tekstur kental merupakan salah satu jenis hasil olahan dari coklat bubuk produk dari coklat yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk resep untuk berbagai hidangan penutup atau minuman coklat. 

Memang ada banyak variasi produk coklat, seperti coklat batangan atau coklat bubuk. Namun, coklat kental dapat dijadikan minuman dingin atau hangat dan juga saus coklat yang akan menggoda selera. 

Membuat coklat kental sendiri juga sebenarnya tidaklah sulit karena anda hanya membutuhkan beberapa bahan dan sedikit trik saja. 

Namun, anda tetap membutuhkan beberapa tips agar bisa menghasilkan coklat kental yang enak. Inilah beberapa tips yang bisa anda coba agar bisa membuat coklat kental yang enak:

1. Gunakan Bubuk Coklat Kualitas Tinggi

Memang pada dasarnya semua bentuk produk coklat merupakan bubuk terlebih dahulu sebelum diolah lagi menjadi coklat kental. Anda juga bisa membeli coklat bubuk dan mengolahnya menjadi coklat kental secara mandiri. Namun, gunakan bubuk coklat yang berkualitas tinggi. 

Bubuk coklat yang mengandung biji kakao asli akan lebih berkualitas dibandingkan bubuk coklat dengan berbagai bahan tambahan lainnya, seperti gula atau bahan pengawet yang justru bisa berbahaya untuk kesehatan. Bubuk coklat yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan coklat kental yang berkualitas pula dengan rasa yang khas dan otentik. 

Maka dari itu, pastikan anda membaca label produk bubuk coklat terlebih dahulu sebelum membeli dan memilihnya. Salah satu produk bubuk coklat berkualitas yang sudah pasti mengandung kakao asli dengan persentase yang tinggi adalah Cokelatin, Produsen coklat UMKM  berkualitas dan sudah teruji. 

2. Sajikan Dalam Keadaan Panas atau Dingin

Jika anda sudah mendapatkan bubuk coklat yang berkualitas seperti Cokelatin serta mengolahnya menjadi coklat kental, maka langkah selanjutnya adalah menyajikan coklat kental tersebut. Menyajikan coklat tersebut dalam berbagai bentuk minuman terlebih dahulu. Anda bisa mencoba sajikan coklat kental tersebut dalam keadaan panas atau dingin. 

Karena coklat dengan tekstur kental sangat fleksibel dalam penyajiannya, anda tidak perlu takut membuatnya dalam keadaan panas maupun dingin. 

Minuman coklat panas sangat nikmat kalau diminum pada cuaca yang dingin.

Kalau anda ingin minum coklat yang dingin, maka anda cukup menambahkan es batu pada coklat kental tersebut. Coklat yang dingin sangat nikmat bila anda nikmati pada saat cuaca yang panas. Rasa coklat yang sangat khas dengan sensasi dingin tentu akan sangat menyegarkan. 

3. Bisa Tambah Topping

Kalau anda sudah bosan dengan penyajian minuman coklat yang biasa saja dan ingin minuman coklat yang lebih istimewa, maka anda bisa menambahkan beberapa toping pada minuman tersebut untuk menambah kelezatannya. Beberapa toping yang bisa anda coba tambahkan pada minuman coklat hangat maupun dingin adalah marshmallow, serutan coklat, krim kocok, atau bahkan potongan buah segar.

Toping yang sudah disebutkan tersebut akan memberikan rasa tambahan yang tidak kalah enaknya sehingga membuat pengalaman meminum minuman coklat akan semakin baik lagi. Anda tidak perlu takut kalau rasa coklat dari minuman tersebut akan kalah dari toping yang sudah anda tambahkan kalau anda menggunakan bubuk coklat yang berkualitas dalam membuat coklat kental.

Maka dari itu, gunakan bubuk coklat dari Cokelatin Java Criollo yang sudah terbukti berkualitas dengan kandungan kakao asli. Bahkan kandungan kakao asli tersebut mencapai 80% sehingga rasa coklat yang akan anda rasakan sangatlah kuat dan pekat.

4. Mencoba Resep Menarik

Selain diolah menjadi berbagai minuman, coklat kental juga bisa anda olah menjadi berbagai jenis makanan. Karena coklat kental memiliki tekstur yang kental dan pekat, maka akan sangat mudah diaplikasikan pada berbagai resep untuk membuat hidangan penutup. Coklat kental akan sangat tepat digunakan dalam resep untuk pembuatan kue, puding, brownies, dan lain sebagainya. 

Anda bisa membuat kue coklat atau puding coklat dengan menggunakan coklat kental. Kalau tidak ingin ribet dalam pembuatannya, anda bisa menggunakan coklat kental sebagai saus untuk melapisi buah potong. Coklat kental yang digunakan sebagai saus akan menambah rasa nikmat dan lezat pada makanan yang anda konsumsi.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Minuman Coklat Enak di Rumah?

5. Komposisi Pembuatan Coklat Kental

Komposisi pembuatan coklat kental sangat berpengaruh agar bisa menghasilkan coklat kental yang enak. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau anda akan membutuhkan bubuk coklat yang berkualitas agar bisa menghasilkan coklat kental yang berkualitas juga. 

Namun, ada beberapa bahan lainnya yang tidak kalah penting dan anda butuhkan agar bisa menghasilkan coklat kental yang enak. 

Anda bisa membuat coklat kental hanya menggunakan bubuk coklat saja tanpa adanya tambahan bahan lainnya agar tetap menghasilkan rasa coklat yang pekat dan murni. 

  1. Pada tahap pertama, tuangkan bubuk coklat Cokelatin bisa menggunakan Java Criollo atau Dark Choco ke dalam panci dan tambahkan bahan lainnya yang anda inginkan ke dalam panci tersebut. Setelah itu, tambahkan air dalam takaran yang disesuaikan dengan banyaknya bubuk coklat yang anda tuang ke dalam panci tersebut. 
  2. Langkah selanjutnya adalah memanaskan panci tersebut dengan api sedang. Selama proses memanaskan panci tersebut, pastikan anda mengaduk terus campuran bubuk coklat, air, dan bahan lainnya tersebut agar tidak lengket pada dasar panci. Biar bubuk coklat bercampur dengan bahan lainnya yang anda tambahkan hingga coklat menjadi kental.
  3. Ketika coklat kental sudah mencapai kekentalan dan tekstur yang anda inginkan, maka anda bisa segera mengangkat panci dari api atau mematikan api terlebih dahulu. 
  4. Setelah itu, diamkan coklat kental tersebut beberapa menit terlebih dahulu supaya suhu dari coklat panas tersebut turun terlebih dahulu.
  5. Terakhir, anda bisa menambahkan toping sesuai dengan keinginan atau menyimpan coklat kental tersebut di dalam wadah yang sudah anda siapkan untuk digunakan nanti. Simpan coklat kental yang baru anda buat di tempat yang sejuk dan tertutup.

Itulah beberapa tips membuat coklat kental enak yang bisa anda coba. Sangat penting untuk menggunakan bubuk coklat yang berkualitas dengan persentase coklat yang tinggi, seperti produk bubuk coklat dari Cokelatin.

Recent Post

Follow Us