10 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, akan ada banyak cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat sehingga tubuh sangat membutuhkan cairan secepat mungkin untuk menggantikan cairan tubuh dan nutrisi yang keluar tersebut. Sangat penting untuk mengisi ulang energi, memperbaiki otot yang lelah, dan menggantikan elektrolit yang hilang. 

Cara paling cepat untuk mengisi ulang energi setelah berolahraga adalah minum. Ada banyak jenis minuman yang bisa anda konsumsi setelah berolahraga untuk mengembalikan tenaga dengan cepat. Inilah 10 rekomendasi minuman yang cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga:

1. Air Putih

Air putih menjadi pilihan paling tepat dan baik setelah anda berolahraga. Minum air putih dapat mengembalikan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi dengan sangat cepat, terutama setelah berolahraga. Bahkan minum air putih sangat dianjurkan setiap hari, bukan hanya saat berolahraga saja. 

Menurut artikel yang diterbitkan oleh American Council on Exercise, minum air putih sangat penting untuk mengembalikan cairan tubuh setelah berolahraga. Bukan itu saja, tetapi air putih juga mendukung proses pemulihan tubuh yang lelah setelah melakukan aktivitas fisik. 

Tidak salah kalau berbagai organisasi kesehatan menganjurkan setiap orang untuk minum paling sedikit 2 liter air putih setiap harinya. Jumlah air putih yang harus anda konsumsi juga akan meningkat kalau anda cukup rajin berolahraga. 

2. Coklat Seduh

Coklat seduh juga menjadi minuman yang ideal setelah anda selesai berolahraga karena kandungan karbohidrat dan protein yang bisa membantu pemulihan tubuh dan menggantikan energi yang hilang. Dilansir dari The Journal of International Society of Sports Nutrition, coklat panas sangat efektif untuk memulihkan tubuh setelah kegiatan fisik yang berat. 

Namun, jangan sampai anda memilih produk coklat yang tidak berkualitas. Pastikan anda memilih minuman coklat seduh yang terbuat dari coklat asli agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal. 

Salah satu produk coklat seduh berkualitas yang bisa anda minum setelah berolahraga adalah Cokelatin Java Criollo yang terbuat dari komposisi 80% coklat asli dari varietas Criollo. Selain itu, Cokelatin Java Criollo juga terbuat dari berbagai bahan berkualitas lainnya. 

Anda dapat membeli Cokelatin Java Criollo di marketplace langganan anda. Harga Cokelatin Java Criollo juga sangat terjangkau dengan berbagai ukuran produk yang bisa anda pilih. 

3. Jus Jeruk

Gula bisa diubah dengan cepat oleh tubuh menjadi tenaga, terutama setelah anda berolahraga. Namun, gula tidaklah baik bagi tubuh. Jika anda memang sangat suka minuman yang manis, maka jus jeruk bisa menjadi alternatif untuk mengisi kembali energi setelah berolahraga sekaligus mendapatkan rasa yang anda inginkan. 

Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan gula alami yang cukup tinggi. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jangan menambahkan gula lagi ketika anda minum jus jeruk karena bisa menyebabkan konsumsi gula yang berlebihan dan mengganggu diet anda.  

4. Air Kelapa

Air kelapa alami merupakan sumber elektrolit yang sangat baik bagi tubuh. Seperti yang anda ketahui, cairan dan kandungan elektrolit di dalam tubuh akan berkurang setelah anda berolahraga karena keringat yang keluar. Air kelapa dapat mengganti cairan tersebut dengan sangat cepat.

Menurut beberapa penelitian, efek air kelapa sama bagusnya dengan minuman olahraga komersial dalam mengganti cairan tubuh dan mengatasi rasa lelah setelah berolahraga. Terlebih lagi air kelapa lebih rendah gula dibandingkan kebanyakan minuman olahraga. 

5. Jus Sayuran Hijau

Meski terdengar tidak enak, tetapi jus sayuran hijau juga menjadi salah satu minuman yang cocok untuk anda konsumsi setelah olahraga. Beberapa sayuran yang bisa anda olah menjadi jus adalah bayam dan brokoli akan menggantikan berbagai nutrisi yang berkurang setelah kegiatan fisik yang melelahkan.

Banyak dari sayuran alami yang mengandung nitrat sehingga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh. Dengan meningkatnya kadar oksigen di dalam tubuh, maka tingkat kelelahan juga akan berkurang. Selain itu, jus sayuran hijau juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan anda. 

6. Protein Shake

Konsumsi protein sangat penting setelah berolahraga, terutama angkat beban atau olahraga yang menggunakan banyak kekuatan otot. Protein sangat ampuh dalam memperbaiki jaringan otot yang lelah setelah melakukan aktivitas fisik. Salah satu cara paling cepat untuk menyantap protein setelah berolahraga adalah konsumsi protein shake. 

Protein shake yang terbuat dari whey protein akan lebih cepat dikonsumsi oleh tubuh sehingga membuat tubuh semakin cepat pulih. Untuk menambah nutrisi pada protein shake, anda juga bisa menambahkan buah atau sayur. 

7. Teh Hijau

Biasanya tubuh dan otot akan stress setelah berolahraga sehingga anda dapat menenangkannya dengan minum teh hijau. Minuman yang satu ini kaya akan antioksidan sehingga bisa mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh secara merata. Selain itu, teh hijau juga berfungsi sebagai antiinflamasi yang berguna untuk menenangkan tubuh. 

Teh hijau mengandung kafein sehingga bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh. Namun, kandungan kafein dari teh hijau tidaklah terlalu banyak sehingga cocok bagi anda yang tidak toleran terhadap kafein. 

8. Smoothie Buah

Sudah menjadi rahasia umum kalau buah-buahan merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Berbagai nutrisi tersebut diperlukan oleh tubuh, terutama setelah berolahraga. Maka dari itu, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan setelah berolahraga. Namun, konsumsi buah setelah olahraga akan sangat ribet. 

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba membuat smoothie buah. Beberapa jenis buah yang bisa anda olah menjadi smoothie adalah beri, pisang, dan apel. Tambahkan sedikit susu atau yoghurt untuk menambah cita rasanya. 

9. Jus Bit

Bit merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nitrat, sebuah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga. Olah bit menjadi jus yang siap anda konsumsi setelah berolahraga. Jus bit akan membantu mengalirkan aliran darah dan membuat tubuh lebih cepat pulih. Selain itu, jus bit juga bisa meningkatkan performa olahraga. 

10. Kefir

Kefir merupakan minuman fermentasi yang terlihat seperti yoghurt cair dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga sangat tepat anda konsumsi setelah berolahraga. Minuman yang satu ini kaya akan kandungan probiotik yang bisa memperbaiki jaringan tubuh dengan sangat cepat sekaligus mengatasi rasa lelah setelah berolahraga.

Selain itu, kefir juga mengandung protein dan kalsium yang berguna untuk memulihkan otot dan tulang yang kelelahan setelah aktivitas fisik.

Itulah beberapa rekomendasi minuman yang cocok untuk anda konsumsi setelah berolahraga. Jangan sampai anda tidak minum sama sekali setelah berolahraga karena sangat penting untuk menjaga cairan tubuh yang hilang. Jika diperlukan, segera beli Cokelatin Java Criollo di marketplace langganan anda untuk mendapatkan manfaatnya setelah olahraga.

Recent Post

Follow Us