Apakah Minum Cokelat Bisa Membuat Bahagia? Fakta atau Mitos

Biji kakao memang menjadi salah satu komoditas yang paling penting karena dapat dihasilkan menjadi coklat yang kembali diolah menjadi berbagai varian makanan dan minuman. Banyak juga orang yang merasa kalau coklat merupakan makanan yang sangat lezat serta bisa membuat bahagia.

Memang banyak orang yang merasa lebih bahagia dan tenang setelah minum secangkir coklat. Namun, apakah ada dasar ilmiah yang menemukan fakta bahwa coklat memang bisa meningkatkan kebahagiaan atau itu hanyalah sugesti seseorang saja? Mari kita ulas fakta dan mitosnya pada artikel ini!

1. Untuk Peningkatan Endorfin

Sebelum membahas apakah benar minum coklat benar bisa membuat kita bahagia, ada baiknya anda mengetahui alasan kenapa manusia bisa merasakan bahagia terlebih dahulu. Manusia bisa merasakan bahagia setelah momen tertentu atau kegiatan tertentu karena adanya hormon endorfin, sebuah hormon yang dihasilkan oleh tubuh dengan fungsi untuk meredam rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia. 

Hormon yang satu ini bekerja dengan cara mengikat reseptor di sistem saraf serta menghambat protein yang biasanya berperan untuk menghantarkan rasa sakit. Endorfin merupakan hormon yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi untuk mengurangi gejala depresi, meredakan stress, mengatasi rasa cemas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan rasa bahagia. 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam tubuh, seperti olahraga, meditasi, tertawa, dan konsumsi dark coklat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Lampung dengan memberikan dark coklat kepada wanita yang sedang mengalami menstruasi, hasilnya ditemukan bahwa pemberian dark coklat bisa mengurangi nyeri menstruasi dan menurunkan kondisi stress. Hal ini dikarenakan dark coklat memicu hormon endorfin yang mengurangi rasa sakit, stress, dan membuat bahagia. 

Penelitian lainnya yang dilansir dari Idea Nursing Journal,  juga menyimpulkan kalau dark coklat mengurangi rasa nyeri selama menstruasi yang diakibatkan meningkatnya hormon endorfin pada tubuh manusia setelah mengkonsumsi minuman dark coklat.

Bisa anda bayangkan kalau selain mengurangi rasa nyeri, dark coklat juga bisa membuat anda menjadi lebih bahagia. Maka dari itu, tidak salah kalau banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi minuman coklat pada pagi hari agar anda memiliki mood yang lebih baik dalam menjalani kegiatan sehari-hari. 

2. Merangsang Produksi Serotonin

Selain hormon endorfin, rasa bahagia pada manusia juga disebabkan karena meningkatkan hormon serotonin, sebuah zat senyawa yang membawa pesan antar sel. Kekurangan hormon yang satu ini bisa membuat suasana hati memburuk sehingga mengurangi mempengaruhi kesehatan mental, seperti depresi.

Kurangnya hormon serotonin tentu sangat berbahaya bagi kehidupan seseorang karena akan mempengaruhi kesehatan mentalnya. Sebenarnya ada banyak obat-obatan yang bisa merangsang pertumbuhan serotonin dengan sangat cepat, tetapi akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, akan lebih baik menggunakan cara alami untuk meningkatkan produksi serotonin pada tubuh. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan hormon serotonin dan membuat rasa bahagia adalah olahraga, pijat, dan makan makanan yang tepat. Salah satu makanan atau minuman yang tepat untuk meningkatkan produksi serotonin adalah dark coklat. 

Anda bisa minum dark coklat untuk merangsang produksi serotonin sehingga membuat anda lebih bahagia. Beberapa penelitian memang menemukan bahwa minum atau makan dark coklat bisa meningkatkan jumlah serotonin di dalam otak. Dengan meningkatnya serotonin dan endorfin, maka tidak salah kalau dark coklat bisa membuat anda lebih bahagia. 

3. Teobromin

Selalu ada hubungan antara tingkat produktivitas seseorang terhadap tingkat kebahagiaan seseorang. Beberapa penelitian, menunjukkan bahwa orang yang lebih produktif atau sibuk akan lebih bahagia, sedangkan penelitian lainnya mengatakan kalau orang yang bahagia akan lebih produktif. Tingkat produktivitas dan tingkat kebahagiaan memang saling mempengaruhi. 

Jika anda merasa bahagia, tentu saja anda bisa bekerja dengan lebih baik lagi. 

Sedangkan tingkat produktivitas yang tinggi atau berhasil menyelesaikan banyak pekerjaan tentu saja akan membuat anda lebih bahagia karena hilangnya beberapa beban. Cara lain untuk meningkatkan produktivitas yang banyak dilakukan oleh banyak orang adalah konsumsi kafein, seperti kopi atau teh. 

Biji kakao atau dark coklat ternyata juga mengandung senyawa yang sangat mirip dengan kafein bernama teobromin. Senyawa yang satu ini memang umum terdapat pada tanaman kakao dengan sifat yang tidak mudah larut di dalam air sehingga bubuk coklat juga tidak mudah larut di dalam air. 

Sifat lain dari teobromin sangat mirip dengan kafein, tetapi tidak sekuat kafein pada umumnya sehingga lebih aman bagi anda yang memiliki tingkat toleransi yang cukup rendah terhadap kafein. Dengan konsumsi teobromin, maka anda bisa lebih produktif dan membuat rasa bahagia semakin meningkat. 

4. Adanya Senyawa Fenolik

Menurut situs Universitas Airlangga, unair.ac.id, fenolik merupakan senyawa yang memiliki banyak sekali fungsi untuk kesehatan manusia sebagai antioksidan, menghambat penuaan, anti inflamasi, serta mampu menghambat aktivitas proliferasi sel atau proses pembelahan sel di dalam tubuh manusia. Senyawa yang satu ini umum ditemukan pada berbagai tanaman sehingga tanaman tersebut sering dimanfaatkan sebagai obat. Salah satu tanaman yang mengandung senyawa fenolik adalah tanaman kakao. 

Biji kakao memang memiliki kandungan senyawa fenolik sehingga juga memiliki fungsi untuk sebagai antioksidan yang bisa memperbaiki berbagai sel di dalam tubuh serta menjaga kesehatan tubuh. Secara tidak langsung hal ini akan membuat anda menjadi lebih bahagia karena tubuh anda juga sehat secara fisik. 

5. Memilih Kualitas Coklat Bubuk Berkualitas

Dari beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan beserta dengan penjelasannya secara kimiawi, memang minum coklat bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia karena meningkatkan hormon endorfin dan teobromin. Selain itu, kandungan teobromin dan senyawa fenolik juga secara tidak langsung membuat tubuh seseorang menjadi lebih sehat. 

Namun, manfaat ini baru bisa anda dapatkan kalau minum coklat yang memang berkualitas. Pastikan anda minum produk coklat yang terbuat dari biji kakao asli sehingga bisa mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Sekarang ini ada banyak produk minuman coklat yang hanya menggunakan perisa coklat sehingga anda tidak bisa mendapatkan meningkatkan hormon endorfin dan serotonin dengan optimal.

Salah satu produk minuman coklat bubuk yang berkualitas dan terbuat dari biji kakao asli adalah Cokelatin Dark Coklat. Cokelatin Dark Coklat terbuat dari biji kakao asli yang berasal dari Sulawesi Selatan. Rasanya yang pekat dan khas coklat menjadi bukti kalau Cokelatin Dark Coklat memang terbuat dari biji kakao asli. 

Jadi, minum coklat bisa membuat bahagia bisa dibilang sebagai fakta karena ada proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia setelah mengkonsumsi coklat. Proses kimiawi tersebut yang bertanggung jawab dalam rasa bahagia pada manusia.

Recent Post

Follow Us