Irena Founder Cokelatin: Mengubah Minuman Favorit dari Kopi ke Cokelat yang Lezat

Irena Surosoputra, seorang pecinta kopi sejati, memutuskan untuk mencoba sesuatu yang baru dengan mengalihkan minuman favoritnya ke cokelat. Ceritanya dimulai dari rasa ingin tahu Irena yang menginginkan perubahan dalam kebiasaan minumnya. Awalnya, ia mencoba menggantikan kopi dengan teh, tetapi citarasa teh tidak bisa menandingi kekayaan rasa dan aroma yang dimiliki oleh kopi.

“Maka akhirnya, saya memutuskan untuk minum cokelat. Saya mencoba minuman cokelat di supermarket, tetapi rasanya tidak sesuai dengan keinginan saya,” tutur Irena dalam sebuah wawancara.

Berawal dari Racikan Sendiri, Cokelat Menjadi Pilihan Utama

Dari situlah Irena dan suaminya, Nugroho Surosoputra, mulai menggali potensi cokelat dengan meracik sendiri minuman cokelat mereka. Mereka mempelajari teknik pengolahan biji cokelat asli dengan seksama dan menciptakan racikan yang memenuhi selera banyak orang. Karena ketertarikan mereka yang semakin dalam terhadap dunia cokelat, pasangan ini akhirnya memutuskan untuk membuka usaha minuman cokelat dengan nama Cokelatin. Nama ini adalah akronim dari “Cokelat Iren-Nugroho” dan juga merepresentasikan kebanggaan mereka atas cokelat asli Indonesia.

Edukasi Tentang Cokelat Sehat dengan Kadar Gula Rendah

Selain menyajikan berbagai varian rasa, Cokelatin juga memberikan edukasi kepada konsumen tentang manfaat cokelat yang sehat. Mereka memperhatikan tingkat gula dalam produk mereka, menjaga kadar gula tetap rendah tanpa mengorbankan rasa lezat yang khas dari cokelat. Dengan demikian, mereka mengajak masyarakat untuk menikmati cokelat dengan bijak dan menjadikannya sebagai pilihan yang sehat dalam rutinitas harian.

UMKM yang Terus Maju dan Bersinergi

Dalam perjalanan bisnisnya, Nugroho dan Irena terus belajar dan beradaptasi untuk mengembangkan usaha mereka. Mereka memiliki visi yang kuat untuk membawa cokelat Indonesia menjadi terkenal di kancah internasional. Untuk itu, mereka menjaga kualitas bisnis mereka dengan mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang ketat. Dukungan dari UMKM lainnya dan sinergi dengan pihak-pihak terkait, seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), juga berperan penting dalam pertumbuhan Cokelatin. Mereka berhasil meraih gelar juara dalam kompetisi UMKM dan mendapatkan dukungan pendanaan serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam pameran di luar negeri.

Cokelatin adalah contoh sukses dari perjalanan UMKM yang maju dan bersemangat. Dengan inovasi dalam minuman cokelat yang lezat, penuh dengan nilai kesehatan, dan dedikasi untuk mengembangkan bisnis, Irena dan Nugroho telah memperlihatkan bahwa impian bisa menjadi kenyataan dengan kerja keras dan komitmen.

source: https://youtu.be/hslmej98ai8

Recent Post

Follow Us