Apa Makna Coklat di Hari Valentine?

Tanggal 14 Februari akan menjadi Hari Valentine yang bertujuan untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang lain, biasanya kepada pasangan. Bahkan banyak yang memutuskan untuk mengutarakan rasa cinta pada hari tersebut.

Sejarah dari Hari Valentine sendiri mulai terjadi sejak 269 Masehi di Italia. Pada hari itu, seorang Uskup bernama Santo Valentine yang mengabdikan dirinya kepada Kaisar Claudius II meninggal. Beliau dikenal sebagai seorang yang taat beragama serta sangat baik serta senang membantu orang lain. Bahkan saat Kaisar Claudius melarang laki-laki lajang untuk menikah dan wajib membela bala tentara kerajaan Romawi, Santo Valentine melawan keputusan tersebut dengan menikahkan pasangan yang sedang jatuh cinta. Maka dari itu, hari kematiannya diperingatkan sebagai hari kasih sayang. 

Hari Valentine juga sangat identik dengan coklat, kamu juga bisa memberikan coklat kepada orang terkasih. Bukan hanya kepada pasangan saja, tetapi kamu juga bisa memberikan coklat kepada teman atau teman. 

Lalu, kenapa Hari Valentine sangat identik dengan coklat? Apa yang makna coklat di Hari Valentine? Berikut penjelasannya:

1. Simbol Cinta dan Kasih Sayang

Dari sejarah awal peringatan Hari Valentine tidak langsung membuat kebiasaan menghadiahkan coklat langsung muncul. Tradisi yang satu ini baru muncul pada abad ke-19 pada era Ratu Victoria.

Pada saat itu sangat marak iklan dari perusahaan coklat yang menunjukkan bahwa memberikan coklat bisa menjadi sebuah pernyataan cinta. Iklan tersebut berhasil sehingga masyarakat setempat menganggap coklat sebagai alat yang digunakan untuk merayu lawan jenis. 

Sejak saat itu coklat dikatakan sebagai simbol cinta dan kasih sayang yang sangat layak diberikan kepada orang terkasih. Selain itu, coklat memang terkenal memiliki rasa yang memikat sehingga diharapkan bisa memikat cinta dari lawan jenis. 

2. Tradisi Romantis

Kamu sudah mengetahui sejarah dari Hari Valentine yang sangat romantis dan dekat dengan cinta, yaitu ketika Santo Valentine berusaha untuk menikahkan para lelaki dan perempuan yang sedang jatuh cinta, meski terdapat larangan dari Kaisar Claudius II. Tentu saja sejarah tersebut merupakan sejarah romantis yang tidak dipisahkan dari Hari Valentine itu sendiri. 

Sejak abad ke 19 saat maraknya iklan coklat sebagai simbol kasih sayang, coklat memang sudah menjadi tradisi romantis yang melambangkan keberuntungan dalam percintaan. Bahkan tidak jarang bisnis Horeca atau Hotel, Restoran, dan Cafe yang menyediakan menu spesial coklat untuk merayakan momen romantis bersama pasangan ini. 

Hingga sekarang, tradisi romantis dalam memberikan coklat tidak pernah putus. Ada banyak orang yang memberikan coklat secara sederhana kepada pasangan, ada pula orang yang memberikan coklat dengan berbagai dekorasi mewah untuk pasangan. 

3. Momen Manis Bersama

Sudah menjadi rahasia umum kalau semakin banyak pasangan menghabiskan waktu bersama, maka akan semakin langgeng hubungan mereka. Namun, tentu saja waktu yang dihabiskan bersama harus waktu yang berkualitas. Sebisa mungkin kamu harus menciptakan waktu romantis atau momen manis bersama dengan pasangan. 

Memberikan coklat bisa menjadi momen manis bersama dengan pasangan, terutama jika kamu memberikannya pada Hari Valentine. Setelah memberikan coklat, kamu dan pasangan mungkin bisa menikmati coklat tersebut bersama-sama sambil melakukan kegiatan lainnya. 

Beberapa kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan sambil menikmati coklat di Hari Valentine adalah mengobrol bersama tentang kenangan kamu dan pasangan selama ini, membicarakan keinginan berdua di masa depan, atau sekedar menikmati tontonan atau suasana di sekitar kalian.

4. Hadiah Perhatian

Memberikan coklat di Hari Valentine juga sering diartikan sebagai memberikan perhatian dengan penuh kasih sayang kepada pasangan, teman, atau saudara. Coklat sendiri memang memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh, baik secara fisik dan mental. Jadi, sangat tepat sekali coklat dikatakan sebagai hadiah perhatian. 

Coklat memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga bisa mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Bukan hanya itu saja, coklat juga meningkatkan hormon yang membuat rasa bahagia pada manusia. 

Memberikan coklat pada Hari Valentine tentu saja bisa membuat seseorang merasa diperhatikan sehingga membuat rasa sayang semakin meningkatkan. Bukan tidak mungkin rasa sayang dan cinta pasangan kepada kamu semakin tinggi. 

Salah satu rekomendasi coklat batang atau bar yang bisa Anda berikan pada pasangan yaitu, coklat bar dari Cokelatin. Cokelatin Choco Bar Java Criollo terbuat dari coklat asli yang sangat memiliki kandungan rasa yang kompleks dan tentu saja lebih sehat.

5. Penguatan Hubungan

Jatuh cinta dan coklat memberikan efek yang sama terhadap tubuh, yaitu produksi hormon dopamin yang bisa memberikan rasa nyaman, rasa senang, rileks, rasa puas, dan semangat. Saat kamu memberikan coklat kepada seseorang dan orang tersebut memakannya, maka kadar dopamin di dalam tubuhnya juga meningkat sehingga bisa membuatnya merasa nyaman, rileks, dan senang berada di dekat kamu. 

Hal ini tentu saja juga bisa memperkuat hubungan kamu dengan pasangan. Saat dia jatuh cinta dengan kamu, hari yang spesial, serta hadiah yang meningkatkan hormon dopamin akan membuatnya ingin berada di dekat kamu terus. 

Coklat memang bisa membuat hubungan kamu dengan pasangan semakin kuat. Maka dari itu, jangan ragu untuk memberikan coklat kepada pasangan. Terutama jika sedang hari spesial, seperti Hari Valentine. 

6. Kado Cinta

Sejarah pada abad ke 19 sudah mendukung coklat sebagai kado cinta yang dapat mengekspresikan rasa cinta kamu kepada pasangan sehingga sering dikatakan sebagai kado cinta. Bukan hanya itu saja, kandungan pada coklat yang bisa meningkatkan rasa bahagia kepada yang memakannya akan membuat seseorang menjadi lebih nyaman terhadap kamu. 

Hari Valentine yang dikatakan sebagai hari cinta tentu saja sangat tepat kalau memberikan kado cinta berupa coklat. Coklat memang menjadi kado cinta yang paling tepat di Hari Valentine setiap tahunnya. 

7. Ekspresi Kreatif

Selain mengekspresikan rasa cinta pada Hari Valentine, coklat juga merupakan kado yang bisa dibuat kreatif. Kamu bisa membuat coklat dengan berbagai bentuk, mulai dari bentuk hati hingga berbagai bentuk lucu lainnya. Tentu saja hal ini sangat berguna karena kamu bisa memberikan coklat dengan bentuk yang sesuai dengan kisah cinta kamu dan pasangan. 

Untuk membuat coklat berbagai bentuk kreatif, tentu saja kamu membutuhkan coklat bubuk yang berkualitas. Salah satu coklat bubuk berkualitas yang dapat kamu coba adalah berbagai produk dari Cokelatin. Pastikan kamu mempelajari berbagai resep membuat coklat yang enak agar bisa memberikan coklat yang sempurna kepada pasangan. 

Cokelatin memiliki produk coklat bubuk terbaik yang berasal asli dari Indonesia. Kandungan coklat pada produk Cokelatin juga sangat tinggi sehingga kamu bisa benar-benar memberikan “kado cinta” untuk pasangan kamu.

Makan coklat di Hari Valentine memang sangat banyak, tetapi kebanyakan merujuk pada hal yang positif. Hari Valentine dan coklat memang sangat identik dengan rasa cinta, kasih sayang, romantisme, perhatian, hubungan, dan masih banyak lainnya. Jika kamu memiliki orang terkasih, segera berikan coklat di Hari Valentine.

Recent Post

Follow Us