Berikut Keistimewaan Biji Coklat Criollo Dibandingkan lainnya

Cokelat menjadi salah satu produk yang paling diminati di dunia karena bisa diolah menjadi berbagai varian produk makanan ataupun minuman. Perlu anda ketahui kalau cokelat yang anda konsumsi berasal dari tanaman yang menghasilkan biji coklat. Ada banyak sekali jenis varietas coklat di dunia ini, seperti Forastero, Trinitario dan Criollo. Khusus untuk nama terakhir yang disebutkan, terdapat di Indonesia dengan nama varietas Java Criollo. 

Ketiga varietas coklat tersebut jika diolah memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis produk. 

Namun, varietas coklat Criollo dinilai memiliki karakteristik yang cukup berbeda dibandingkan varietas biji coklat yang lainnya. Apa yang membedakan biji coklat Criollo dibandingkan jenis biji coklat yang lainnya? Inilah keistimewaan biji coklat Criollo yang sudah difermentasi daripada jenis coklat lainnya:

1. Rasa yang Khas

Biji coklat Criollo menjadi salah satu jenis biji coklat yang paling banyak peminatnya. Hal ini disebabkan karena coklat Criollo memiliki rasa yang khas sehingga membuat siapa saja menyukainya, terlebih lagi bagi pecinta coklat. Varietas biji coklat yang satu ini memang terkenal memiliki rasa manis dan aroma yang lembut saat jenis biji cokelat lain lebih pahit.

Banyak yang menilai kalau biji coklat Criollo memiliki karakteristik tersendiri sehingga memberikan pengalaman yang baru ketika sudah diolah. Tidak jarang pula rasa yang khas dari coklat Criollo menginspirasi banyak orang untuk membuat inovasi olahan coklat.

2. Rasa Asli Biji Coklat Manis

Pada umumnya, biji kakao yang masih mentah memiliki rasa yang pahit. Setelah melalui proses fermentasi, beberapa jenis cokelat masih memiliki rasa pahit tersebut. Yang membedakan biji coklat Criollo dibandingkan jenis coklat yang lainnya adalah biji coklat Criollo memiliki rasa asli yang lebih manis. Keunikan inilah yang membuat olahan coklat Criollo lebih disukai oleh banyak orang.

Rasa asli biji coklat Criollo bisa lebih manis daripada jenis biji coklat lainnya karena kandungan gula alami yang lebih banyak sehingga tidak perlu tambahan gula lagi ketika diolah menjadi olahan produk bubuk coklat. 

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau biji coklat Criollo sangat dicari untuk diolah menjadi berbagai jenis produk seperti bubuk coklat.

3. Aroma yang Enak dan Khas

Keistimewaan lain yang membedakan biji coklat Criollo dibandingkan varietas biji coklat yang lainnya adalah aroma yang enak dan khas. Kalau masih mentah, kebanyakan biji coklat memiliki aroma yang biasa saja. Setelah melalui proses fermentasi dan diolah, barulah biji coklat mendapatkan aroma yang enak dan khas. Namun, biji coklat Criollo sudah memiliki bau yang khas, lembut, manis, serta enak, bahkan saat masih mentah.

Setelah melalui proses fermentasi, biji coklat Criollo akan mengeluarkan aroma yang khas dan juga enak. Hal ini bisa terjadi karena terjadi banyak sekali reaksi kimia selama proses fermentasi berlangsung. Selama proses fermentasi, biji coklat Criollo mengikat beberapa asam amino. Tambahan zat tersebut yang membuat coklat Criollo memiliki aroma yang khas. Perpaduan antara aroma manis dan asam akan membuat biji coklat Criollo yang diolah nantinya semakin menggoda bagi para pecinta coklat.

4. Tekstur yang Halus

Perbedaan paling mencolok yang membuat anda langsung menyadari antara coklat Criollo dan jenis coklat yang lainnya adalah tekstur. Coklat Criollo dinilai memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan jenis biji coklat lainnya. 

Membuat produk olahan coklat yang halus dan lembut memang menjadi salah satu tantangan yang cukup sulit dalam mengolah biji coklat. Sedangkan coklat Criollo yang memang memiliki tekstur yang halus akan membantu menciptakan olahan produk yang halus tanpa perlu teknik yang sulit atau proses pengolahan yang berlebihan. 

Keistimewaan yang satu ini membuat coklat Criollo menjadi salah satu bahan baku yang ideal untuk menciptakan berbagai produk olahan coklat, seperti coklat batangan. Karena memang memiliki tekstur yang lembut, coklat batangan yang dihasilkan juga lebih lembut dan mudah digigit serta lumer di mulut.

5. Menghasilkan Olahan Bubuk Premium

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau biji coklat Criollo memiliki berbagai keistimewaan, seperti rasa yang lezat, aroma yang khas, serta tekstur yang lembut. Dengan segala keistimewaan tersebut, biji coklat Criollo diolah menjadi produk bubuk premium. 

Jika diolah menjadi bubuk coklat premium, maka biji coklat Criollo akan menghasilkan olahan bubuk coklat premium yang memiliki rasa yang lezat, aroma khas, serta rasa manis yang pas. Kalau anda ingin merasakan olahan bubuk coklat premium dari bahan baku 100% biji coklat Criollo, maka anda bisa membeli Cokelatin Java Criollo.

Cokelatin Java Criollo terbuat dari biji coklat Criollo yang berasal asli dari Indonesia, tepatnya berasal dari Jember. Varian produk dari Cokelatin yang satu ini memang bisa memberikan citarasa yang lezat dalam mengkonsumsi coklat Criollo.

Itulah berbagai keistimewaan dari biji coklat Criollo yang harus anda ketahui. Kalau anda ingin merasakan kenikmatan coklat Criollo, maka anda bisa mencoba Cokelatin Java Criollo. Anda juga bisa membelinya di berbagai e-commerce.

Recent Post

Follow Us