Kenali Apa Itu Dark Coklat? Berikut Penjelasannya!

cokelat indonesia, dark cokelat, dark coklat

Dark coklat, dikenal juga dengan cokelat hitam adalah salah satu jenis cokelat yang mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Dikenal karena rasa pahitnya yang khas, dark coklat menawarkan pengalaman makan yang berbeda dengan varian cokelat lainnya. 

Selain memberikan kenikmatan dalam setiap gigitannya, dark coklat juga diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan yang menarik. Berikut ini kita akan membahas secara detail mengenai dark coklat, apa yang membuatnya berbeda, dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya.

Pengertian Dark Cokelat

Dark coklat adalah jenis cokelat yang memiliki kandungan kakao yang tinggi dan sedikit atau tanpa tambahan gula. Dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya, dark coklat memiliki rasa yang lebih kuat dan pahit.

Kandungan Dalam Dark Cokelat

Dark cokelat atau cokelat hitam mengandung beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cokelat hitam mengandung 11 gram serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. 

  • Selain itu, cokelat hitam juga mengandung 46 gram karbohidrat yang memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. 
  • Dalam 100 gram cokelat hitam, terkandung 43 gram lemak, termasuk lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.
  • Cokelat hitam juga merupakan sumber protein dengan kandungan 7 gram per 100 gram. Protein ini penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. 
  • Selain nutrisi-nutrisi tersebut, cokelat hitam juga mengandung mineral yang penting seperti 230 miligram magnesium. Terdapat juga 200 miligram fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta 12 miligram zat besi.

Selain kandungan nutrisi tersebut, cokelat hitam juga diperkaya dengan theobromine, kafein, dan sejumlah vitamin. Theobromine adalah zat anti radang yang hanya terdapat pada tanaman kakao dan dapat memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah dan meningkatkan fungsi jantung. Kafein memberikan efek stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan. Cokelat hitam juga mengandung beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan fungsi sistem saraf.

Tak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung berbagai jenis antioksidan dalam jumlah tinggi. Antioksidan seperti polifenol, flavanoid, dan katekin dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif.

Keunggulan Dark Cokelat

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi coklat hitam dapat mengurangi stres, membantu mengurangi kecemasan, dan meningkatkan suasana hati. Jika coklat hitam dikonsumsi secara rutin setiap hari selama dua minggu, maka hormon stres dapat berkurang dan stres pun dapat teratasi.

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam coklat hitam memainkan peran penting dalam meningkatkan aliran darah ke otak dan menjaga fungsi otak. Coklat hitam juga mengandung nutrisi penting yang berperan dalam produksi kolagen, yang menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, sehingga memberikan penampilan kulit yang menawan.

Perbedaan Dark Cokelat Dengan Cokelat Biasa

Apa bedanya dark cokelat dengan coklat biasa? Saat mengunyah potongan dark cokelat yang lembut, mulut dan lidah seakan disambut oleh rasa pahit yang mendalam. Tapi apakah rasa dan warna yang lebih gelap saja yang membedakannya dari coklat biasa?. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai perbedaan dari kedua jenis cokelat tersebut.

1. Komposisi Bahan

Dark cokelat memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi daripada cokelat biasa. Umumnya, dark cokelat memiliki kandungan kakao antara 50% hingga 90%. Semakin tinggi persentase kakao, semakin pahit dan intens rasanya.

Cokelat biasa memiliki kandungan kakao yang lebih rendah dibandingkan dengan dark cokelat. Kandungan kakao dalam cokelat biasa bisa bervariasi, mulai dari sekitar 30% hingga 50%. Kandungan kakao yang lebih rendah memberikan rasa yang lebih manis dan lebih lembut.

Karena dark cokelat memiliki persentase kakao yang lebih tinggi, sehingga tidak perlu banyak gula tambahan untuk mencapai rasa yang diinginkan. Biasanya, dark cokelat memiliki kandungan gula kurang dari 30%.

Sedangkan cokelat biasa memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan dark cokelat. Kandungan gula dalam cokelat biasa bisa bervariasi, tetapi umumnya lebih dari 50%.

2. Manfaat Konsumsi

Dark cokelat mengandung lebih banyak flavonoid antioksidan, terutama flavanol. Flavonoid ini dapat memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan sirkulasi darah, dan melindungi jantung dengan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dark cokelat juga mengandung serat, mineral seperti zat besi dan magnesium, serta vitamin seperti vitamin B dan vitamin E. Kandungan serat dalam dark cokelat dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat.

Sedangkan cokelat biasa memiliki manfaat sebagai sumber energi karena kandungan gula dan karbohidratnya. Namun, manfaat kesehatan cokelat biasa lebih terbatas dibandingkan dengan dark cokelat. Kandungan kakao yang lebih rendah juga berarti kandungan flavonoid antioksidan yang bermanfaat cenderung lebih rendah.

3. Jenis Olahan

Dark cokelat dan cokelat biasa memiliki perbedaan dalam hal kandungan kakao, gula, dan bahan tambahan lainnya. Perbedaan ini mempengaruhi rasa, tekstur, dan manfaat kesehatan dari produk olahan makanan dan minuman yang dihasilkan dari keduanya.

Kandungan kakao yang tinggi memberikan rasa intens dan cenderung kurang manis. Teksturnya sering kali lebih keras dan renyah. Beberapa produsen mungkin menambahkan sedikit gula, vanili, atau emulsifier untuk meningkatkan tekstur, tetapi sebagian besar dark cokelat memiliki komposisi bahan yang lebih sederhana.

Sedangkan cokelat biasa memiliki rasa yang lebih ringan dan manis karena kandungan gula yang lebih tinggi, sehingga memberikan rasa yang lebih creamy, dan lezat. Teksturnya lebih lembut dan mudah meleleh ketika dimakan.

Rekomendasi Dark Cokelat Yang Sehat

Di Indonesia, terdapat beragam merek dan jenis dark cokelat yang dapat menjadi pilihan yang sehat dan lezat bagi para pecinta cokelat.  Ya, tak salah lagi, salah satu merek yang patut mendapatkan perhatian adalah Cokelatin Signature Dark Choco. 

Cokelatin Signature Dark Choco adalah produk minuman cokelat premium yang menghadirkan kenikmatan cokelat yang autentik dan kaya akan rasa. Dibuat dengan menggunakan cokelat murni tanpa perisa, pemanis buatan, dan bahan pengawet, minuman ini memberikan pengalaman rasa cokelat alami yang otentik serta aroma cokelat yang kuat.

Beberapa komposisi yang terdapat dalam Cokelatin Signature  Coklat Dark Choco antara lain adalah bubuk kokoa dari kakao produksi Sulawesi Selatan (80%), cocoa butter 22%, krimer nabati, serta gula pasir alami yang telah dipilih dan diproses secara premium.

Selain nikmatnya rasa cokelat yang dihadirkan, minuman ini juga memberikan beragam manfaat kesehatan. Dark chocolate, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, memelihara kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, serta kaya akan kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Untuk penyajian minuman ini, caranya sangat mudah. Mula-mula berikan dua sendok makan bubuk Cokelatin ke dalam cangkir, lalu tuangkan dan seduh dengan 150 ml air panas. Aduk hingga merata, dan minuman cokelat siap dinikmati. Anda dapat menyajikannya dalam kondisi hangat atau dingin, sesuai dengan selera Anda.

Recent Post

Follow Us