Cara Memilih Makanan dan Minuman Untuk Penderita Diabetes

Seorang penderita diabetes harus benar-benar memilih makanan dan minuman yang akan mereka konsumsi karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Seperti yang sudah kita ketahui kalau diabetes sangat erat kaitannya dengan kadar gula yang sangat tinggi di dalam darah. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengidap diabetes, seperti faktor genetik dan pola makan yang tidak sehat.

Terus mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi akan membuat kadar gula di dalam darah juga terus meningkat sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya anda mulai menjaga konsumsi makanan dan minuman yang aman untuk penderita diabetes. Pilihlah makanan atau minuman yang tepat untuk penderita diabetes dengan cara berikut ini:

1. Sayuran Brokoli dan Bayam

Penderita diabetes harus mulai mengubah pola makannya dengan mengutamakan sayuran hijau. Tentu saja konsumsi sayuran hijau memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh karena sayuran hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan, terutama brokoli dan bayam.

Antioksidan yang terkandung di dalam brokoli dan bayam akan membantu menjaga sel saraf agar tidak rusak. Hal ini tentu akan sangat membantu karena penyakit diabetes biasanya bisa merusak sel saraf, terutama pada kaki. Selain itu, brokoli dan bayam juga akan membantu menjaga agar gula darah tidak melonjak tinggi. 

2. Kacang-kacangan

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, penderita diabetes juga disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan. Namun, tidak sembarang kacang-kacangan yang boleh anda konsumsi. Penderita diabetes sangat disarankan mengkonsumsi kacang hitam, kacang merah, dan kacang almond karena tinggi akan protein dan serat.

Kedua kandungan pada kacang tersebut sangat penting untuk menjaga kadar gula pada darah sehingga mengurangi gejala dari diabetes. Protein nabati yang ada pada kacang-kacangan akan membantu agar gula darah tetap stabil, terlebih lagi tubuh memang membutuhkan protein. Selain itu, kandungan serat pada kacang-kacangan juga akan membantu anda memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Mengontrol Gula Darah

Penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan gula darah yang tinggi di dalam darah. Semakin tinggi kadar gula di dalam darah, maka akan semakin berbahaya bagi tubuh. Gejala yang ada akan semakin parah kalau kadar gula semakin tinggi, bahkan bisa berujung pada amputasi dan kematian.

Agar bisa mengontrol gula darah agar tetap dalam kadar yang tetap, maka anda harus rajin memeriksa gula darah anda secara rutin. Begitu mengetahui kalau gula darah tinggi, maka anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan.

4. Fokus Pada Serat

Penderita diabetes selalu disarankan untuk makan sayuran hijau dan kacang-kacang karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Memenuhi kebutuhan serat harian sangat penting untuk menjaga kelancaran pencernaan serta menjaga kesehatan tubuh.

Ternyata serat memiliki efek yang sangat bagus terhadap penyakit diabetes. Dengan konsumsi serat yang cukup, maka tubuh akan terhambat ketika akan menyerap karbohidrat yang anda konsumsi sehingga mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba sesaat setelah makan.

5. Pilih Protein Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau protein sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Protein memiliki peran dalam menyusun berbagai sel tubuh, mulai dari otot, tulang, hingga berbagai organ penting di dalam tubuh anda. Bukan hanya menyusun, tetapi protein juga berperan dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak karena luka atau penyebab lainnya.

Maka dari itu, setiap orang sangat disarankan untuk makan protein dalam jumlah yang cukup. Anda bisa mendapatkan protein dari berbagai sumber, seperti daging, kacang-kacangan, telur, dan lain sebagainya. Namun, jangan sampai anda memilih sumber protein yang tidak sehat. 

Sumber protein yang sehat tentu saja akan membantu anda yang memiliki penyakit diabetes supaya tidak semakin parah. Anda bisa mendapatkan sumber protein yang sehat dari berbagai sumber, seperti daging tanpa lemak, ikan, atau telur. Hindari juga konsumsi daging yang kaya akan lemak.

6. Minum Dark Coklat 

Anda sudah mengetahui makanan yang tepat untuk penderita diabetes, seperti sayuran, kacang-kacangan, serat, dan protein yang sehat. Kini anda juga harus mengetahui minuman yang tepat untuk penderita diabetes. Tentu saja penderita diabetes harus menghindari minuman manis sehingga anda harus lebih selektif dalam memilih minuman.

Salah satu minuman yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah dark coklat yang kaya akan antioksidan sehingga bisa membantu menjaga kesehatan sel di dalam tubuh anda. 

coklat bubuk

Kalau anda ingin minum dark coklat, maka anda bisa mencoba Cokelatin Dark Coklat yang memiliki rasa pekat bubuk premium khas coklat. Cokelatin Dark Coklat terbuat dari biji kakao asli dari Sulawesi Selatan, yang memiliki komposisi 50%.

7. Kurangi Pemanis Buatan

Secara umum, diabetes memang sering dikaitkan dengan tingginya kadar gula di dalam darah dengan penyebab banyaknya konsumsi gula. Berbagai jenis gula yang bisa dikonsumsi manusia juga bermacam-macam, seperti gula alami dan pemanis buatan.

Gula alami lebih aman untuk dikonsumsi karena memiliki kadar gula yang lebih rendah. Anda yang memiliki penyakit diabetes yang tidak terlalu parah cukup aman untuk mengkonsumsi gula alami. Namun, penderita diabetes tipe apapun harus menghindari pemanis buatan.

8. Perhatikan Indeks Glikemik

Seorang yang menderita diabetes memang harus benar-benar memperhatikan konsumsi makanannya. Hal lain yang harus anda perhatikan dari suatu makanan adalah indeks glikemik atau sebuah angka yang memperlihatkan seberapa cepat peningkatan gula darah dari karbohidrat yang anda makan. 

Beberapa makanan yang memiliki indeks glikemik tertinggi adalah kerupuk, kentang, semangka, roti tawar, nasi putih, sereal jagung, dan gula pasir. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah adalah kacang-kacangan, serat, pasta, dan buah kering. Usahakan anda memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

9. Konsultasi dengan Dokter Jika Diperlukan

Memilih makanan atau minuman untuk para penderita diabetes memang cukup sulit karena memang banyak sekali pantangan, terutama pantangan terhadap makanan manis. Selain itu, penyakit diabetes yang sudah sangat parah biasanya membutuhkan pantangan yang lebih banyak lagi.

Kalau memang penyakit diabetes yang anda alami sudah sangat parah, maka anda bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan makanan yang boleh anda makan dan makanan yang harus anda hindari. Selain itu, mungkin dokter juga akan memberikan obat khusus untuk menjaga kadar gula dalam darah anda.

Itulah beberapa tips memilih makanan atau minuman yang cocok untuk penderita diabetes. Selalu perhatikan kandungan gizi dan indeks glikemik pada makanan atau minuman yang anda konsumsi.

Recent Post

Follow Us