Apa itu Produk Minuman Horeca? Berikut Penjelasannya

Salah satu kebutuhan manusia yang paling penting adalah air sehingga banyak produk minuman yang kini muncul dengan berbagai inovasi untuk meraih pangsa pasar yang besar. 

Tentu saja setiap produk minuman tidak akan bisa meraih pangsa pasar seluruh kalangan, kecuali air putih. Contohnya, seperti kopi yang hanya bisa meraih pecinta kopi saja. 

Biasanya pangsa pasar dari produk makanan atau minuman bisa Anda lihat dari sektor industri tertentu. 

Misalnya sektor industri pariwisata yang tentu saja juga menjual makanan atau minuman yang dapat mendukung sektor industri tersebut. Memang makanan dan minuman sangat dekat industri pariwisata atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Horeca. 

Pada artikel ini, Anda akan mengenal lebih dekat tentang Horeca dan produk minuman dalam industri tersebut. 

Mengenal Produk Minuman Horeca

Sebenarnya tidak ada produk spesifik yang membuat suatu minuman menjadi produk khusus dalam industri Horeca. Namun, industri yang satu ini sangat lekat dengan minuman yang ringan dan segar. Anda akan sangat mudah menemukan soft drink, sirup, produk susu, hingga berbagai produk buah lainnya dalam industri Horeca.

Kenapa Disebut Horeca?

Istilah Horeca mungkin terasa asing bagi sebagian dari Anda yang membaca artikel ini. Mungkin juga Anda bertanya-tanya, kenapa disebut dengan nama horeca. Horeca sendiri merupakan singkatan dari hotel, restoran, dan cafe. 

Bisa dibilang Horeca merupakan sektor industri makanan dan minuman yang bergerak pada hotel, restoran, dan cafe. 

Banyak yang menilai kalau sektor horeca memiliki peran yang sangat penting untuk membuat sektor pariwisata bertumbuh. 

Bukan tidak mungkin, bisnis Horeca bisa mendongkrak pendapatan suatu negara melalui pajak yang dihasilkan. Sektor bisnis yang satu ini juga berperan dalam membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Sesuai dengan bidangnya, bisnis Horeca akan menyerap tenaga kerja dari sekolah perhotelan atau tata boga.

Di Indonesia istilah Horeca memang jarang terdengar karena lebih sering digunakan di Eropa. Di Eropa, bisnis Horeca berkembang dengan sangat pesat pada tahun 2004 dengan mempekerjakan hingga 7 juta orang. Di Eropa sendiri, bisnis Horeca bisa menghasilkan hingga milyaran Euro. Bisnis yang satu ini memang bisa berkembang dengan sangat pesat karena hampir semua orang membutuhkan hiburan, makanan, dan pastinya minuman. 

Sesuai singkatannya, bisnis Horeca memang terdiri dari 3 jenis bisnis. Bisnis pertama adalah hotel yang bergerak dalam bidang jasa penginapan. Biasanya, di dalam hotel juga akan terdapat restoran dan cafe. Maka dari itu, dipastikan akan ada makanan dan juga minuman. 

Bisnis lainnya dalam sektor Horeca adalah restoran yang menyediakan makanan dan minuman bagi pelanggan. Bisnis terakhir adalah cafe yang juga menyediakan makanan ringan dan minuman, tetapi lebih fokus pada minuman.

Dilihat dari pengertiannya, bisnis Horeca sangat harus memperhatikan stok bahan baku. Bukan hanya bahan baku makanan saja, tetapi juga bahan baku minuman karena akan ada banyak minuman yang harus disuguhkan pada bisnis Horeca. 

Apa Saja Minuman Horeca?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika Horeca merupakan sektor bisnis yang sangat dekat dengan makanan dan minuman. Mungkin minuman menjadi produk yang lebih sering dipesan dibandingkan makanan. Dalam industri Horeca, berikut inilah berbagai produk minuman yang paling sering dipesan oleh konsumen: 

1. Air Mineral

Air menjadi kebutuhan banyak orang untuk segala kebutuhan, seperti mandi, mencuci, hingga minum. Bahkan air dinilai lebih penting dibandingkan banyak hal lainnya di dunia ini. Dalam sektor hotel, restoran, dan cafe, air minum juga menjadi salah satu produk yang paling laku. Air putih atau air mineral memang menjadi salah satu produk yang akan selalu dicari oleh orang. 

Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan produk minuman lainnya, air mineral juga lebih efektif untuk menghilangkan rasa haus bagi para pelanggan. Minum air putih atau air mineral juga sangat penting untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. 

2. Produk Kopi dan Teh

Berbagai produk kopi dan teh sedang mengalami kenaikan penjualan belakangan ini sehingga menyebabkan berbagai cafe mulai bermunculan. Bahkan banyak muncul cafe dengan teknologi canggih dengan valuasi bisnis yang sangat besar. Produk kopi dan teh memang tidak bisa diremehkan karena berhasil menghasilkan omset hingga milyaran Rupiah. 

3. Produk Bubuk Coklat

Selain kopi dan teh, coklat menjadi salah satu produk yang paling laku dalam bisnis Horeca. Berbagai varian produk coklat, mulai dari makanan hingga minuman akan selalu menjadi favorit bagi banyak pengunjung. 

Maka dari itu, Anda harus mulai menyiapkan bahan baku berupa coklat bubuk. 

Untuk mendapatkan coklat bubuk berkualitas asli Indonesia, Anda bisa mencoba produk dari Cokelatin. 

Produsen coklat yangs udah berdiri sejak tahun 2016 ini sudah berpengalaman dalam membuat coklat bubuk berkualitas yang diolah dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. 

Cokelatin memiliki berbagai varian produk, seperti Cokelatin Java Criollo dan Cokelatin Dark Choco. Karena akan digunakan dalam jumlah banyak dalam bisnis Horeca, Cokelatin juga menyediakan kemasan berukuran 1 kg yang bisa Anda pesan melalui marketplace.

Dengan produk coklat bubuk Cokelatin, Anda bisa membuat berbagai variasi minuman coklat.

4. Sirup

Memiliki menu lengkap dengan berbagai varian rasa minuman tentu saja akan menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan saingan Anda di dalam bisnis Horeca. Sirup memang menjadi bahan baku paling mudah untuk membuat berbagai varian menu tersebut karena sirup juga tersedia dalam berbagai varian rasa. 

Terlebih lagi bisnis Horeca memang harus menyediakan minuman yang segar agar bisa membuat pelanggan betah dalam waktu yang lama. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk menyimpan bahan baku sirup dalam jumlah banyak.

5. Susu

Minuman terakhir dalam bisnis Horeca yang paling banyak dinimati adalah berbagai varian susu. Banyak orang yang sangat menyukai produk susu, bahkan sampai kecanduan. 

Jika bisnis Horeca yang Anda bangun bisa menyediakan varian susu yang enak, tentu saja pelanggan akan menjadi setia dan kemungkinan untuk kembali lagi menjadi lebih besar. 

Tujuan Produk Horeca

Memang ada banyak sekali produk minuman dalam bisnis Horeca yang bisa Anda jual. Belum lagi akan ada banyak inovasi produk yang bisa Anda lakukan. Tujuan dari berbagai produk Horeca tersebut tentu saja adalah agar untuk membuat pelanggan semakin betah di dalam hotel, restoran, atau cafe yang Anda miliki sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan keuntungan tersebut, barulah bisnis Horeca yang Anda bangun bisa terus bertahan.

Itulah berbagai hal yang harus Anda ketahui mengenai produk minuman dalam bisnis Horeca. Jangan pernah ragu untuk membeli produk bubuk coklat Cokelatin berukuran 1 kg karena ukuran yang sangat cocok untuk bisnis Horeca dengan harga yang murah sehingga tetap bisa memberikan keuntungan yang besar. 

Recent Post

Follow Us