Apa Itu Bubuk Coklat Premium? Berikut Penjelasannya

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih bubuk coklat yang tepat adalah kualitas dari produk itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai apa itu bubuk coklat premium. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bubuk coklat yang memiliki kualitas premium beserta ciri-ciri tertentu yang dimilikinya.

Mengenal Bubuk Coklat Premium

Bubuk coklat premium adalah jenis bubuk coklat yang memiliki kualitas tinggi yang memiliki persentase kakao diatas 50%. Bubuk coklat ini disebut sebagai bubuk coklat premium karena setiap bagian dari bubuk coklat ini berkualitas, mulai dari segala macam bahannya sampai dengan proses pembuatannya yang melalui berbagai prosedur tertentu.

Saat ini ada berbagai macam produk bubuk coklat yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua jenis bubuk coklat yang dijual itu memiliki kualitas unggulan atau kualitas premium karena belum tentu produk-produk tersebut memiliki bahan yang berkualitas yang diolah melalui prosedur yang rapi dan matang.

Ciri-ciri Bubuk Coklat Premium

1. Persentase Kakao yang Tinggi

Bubuk coklat dapat disebut premium jika produk tersebut memiliki persentase kakao yang tinggi di dalamnya. Hal ini berarti kandungan coklat asli paling banyak jika dibandingkan dengan kandungan tambahan yang lainnya. Persentase kakao di dalam bubuk coklat premium pun dapat beragam, tergantung jenis brand dan produk setiap bubuk coklat.

Adanya persentase kakao yang tinggi pada produk bubuk coklat menunjukkan komitmen produsen bubuk tersebut kepada produk yang diolahnya. Produsen berarti memikirkan keamanan pelanggan dan memikirkan bagaimana pelanggan dapat memperoleh pengalaman menikmati bubuk coklat kualitas premium dengan baik.

2. Rasa yang Kaya dan Kompleks

Selain memiliki persentase kakao yang tinggi, bubuk coklat premium juga memiliki rasa yang kaya dan kompleks. Hal ini menunjukkan bubuk coklat tersebut tidak diproduksi sekadarnya saja, melainkan melalui tahapan dan prosedur tertentu hingga menghasilkan bubuk coklat premium terbaik yang siap untuk dikonsumsi pelanggan.

Rasa yang kaya ini dapat berarti banyak hal. Salah satunya adalah bubuk coklat premium dapat diartikan memiliki rasa kaya ketika bubuk tersebut sangat terasa rasa coklat alaminya tanpa terkontaminasi berbagai bahan pengawet lain yang akan merusak rasa. Rasa coklat yang kaya ini akan membantu pelanggan menciptakan berbagai hidangan yang nikmat.

3. Aroma yang Menggugah Selera

Salah satu hal yang menjadi penentu kualitas bubuk coklat adalah aroma. Aroma bubuk coklat premium biasanya sangat menggugah selera. Beberapa produk bubuk coklat yang ada di pasar bahkan memiliki ciri khas aroma tertentu yang mungkin hanya penikmat sejatinya yang bisa merasakan aromanya dari kejauhan.

Bubuk coklat premium memiliki aroma yang nikmat karena proses pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses tersebut berkualitas tinggi. Bubuk coklat premium ini bisa menghasilkan aroma yang menggugah selera dan menarik perhatian konsumen atau bahkan calon konsumen yang bahkan belum pernah mencicipi bubuk coklat tersebut.

4. Kualitas Biji Coklat

Setelah mengenal apa itu bubuk coklat premium dan beberapa ciri-cirinya, Anda juga perlu tahu ciri-ciri lain pada bubuk coklat premium yang ada di pasaran, yakni kualitas biji coklat. Salah satu penentu bubuk coklat dapat disebut sebagai produk bubuk coklat premium adalah biji coklatnya yang berkualitas.

Biji coklat yang berkualitas memiliki rasa kakao yang kaya dan pekat. Fermentasi yang kurang ataupun berlebihan dapat membuat rasa pada biji kakao menjadi cacat sehingga timbul rasa pahit berlebihan ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, biji coklat juga tetap perlu diolah dengan prosedur tertentu agar rasanya kaya.

Dikutip dari situs resmi Cococletic, Criollo adalah salah satu jenis biji kakao yang paling langka dan dikenal memiliki aroma yang kaya dan memikat siapapun untuk menikmatinya. Biji coklat Criollo juga dikenal sebagai biji coklat yang dapat menghasilkan aroma yang rumit dan rasa yang lembut dan mendalam yang dapat membuat siapapun tergugah seleranya.

Biji coklat Criollo berwarna putih hingga merah muda pucat. Biji ini membutuhkan sedikit fermentasi serta waktu pemanggangan yang singkat untuk mengeluarkan rasanya yang lezat. Pada umumnya, biji kakao jenis Criollo ini dicampur dengan varietas biji kakao yang lain karena biji ini langka dan termasuk ke dalam salah satu biji coklat yang mahal di dunia.

5. Pemrosesan yang Hati-hati

Bubuk coklat premium tidak diproses secara sembarangan dan asal-asalan. Produsen bubuk coklat premium dan berkualitas tinggi tentunya memiliki standar prosedur pengolahan khusus yang dapat membuat biji kakao menjadi bubuk coklat yang kaya rasa dan bisa memberikan kesan premium bagi penikmatnya.

Produsen yang baik selalu mempertimbangkan berbagai aspek dalam mengolah biji kakao menjadi bubuk coklat premium. Beberapa aspek yang diperhatikan produsen bubuk coklat premium ini dapat berupa aspek keamanan produksi, kualitas produksi, hingga faktor kebersihan dalam proses produksi yang ada.

Salah satu produk bubuk coklat yang memiliki kualitas tingkat tinggi adalah coklatin Signature. coklatin berusaha menciptakan produk coklat premium yang dapat memberikan pengalaman yang baik pada konsumen. Selain itu, coklatin juga memberdayakan petani lokal di beberapa wilayah di Indonesia untuk bubuk coklat yang berkualitas tinggi.

Melalui coklatin, Anda tidak hanya mengenal apa itu bubuk coklat premium, tapi juga memahami bahwa produk coklatin dibuat dengan cinta yang berpadu dengan kasih sayang yang disajikan dalam bubuk coklat premium dari perkebunan hingga sampai ke tangan Anda. Yuk, cobain beragam produk coklatin Signature sekarang juga!

Referensi:

1. https:// www.cokodeal.com/blog/ways-of-identifying-high-quality-cocoa-beans/ 

2. https:// cococlectic.com/pages/what-are-the-best-cocoa-beans-in-the-world

Recent Post

Follow Us