Bolehkah Minum Coklat Setiap Hari?

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam konsumsi suatu makanan atau minuman. Namun, harus ada ukuran pasti batas kelebihan dalam menyantap suatu makanan atau minuman tersebut. Seperti batas berlebihan dalam minum coklat.

Minum coklat memang memberikan sensasi lezat dan menyenangkan bagi kebanyakan orang, terutama para pecinta coklat. Bahkan banyak orang yang meminum coklat setiap hari karena memang rasanya yang enak. Namun, ada pertanyaan yang muncul di benak banyak pecinta coklat. Bolehkah minum coklat setiap hari? Apakah akan berbahaya? Pada artikel ini, anda akan menemukan jawabannya. 

1. Porsi yang Seimbang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik, termasuk coklat. Maka dari itu, anda juga harus mengkonsumsi coklat dengan porsi yang seimbang. Tentu saja berlebihan minum coklat bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh.

Beberapa dampak negatif dari konsumsi coklat yang terlalu berlebihan adalah kelebihan berat badan karena coklat mengandung kalori, sedangkan konsumsi kalori yang terlalu banyak akan membuat berat badan bertambah. 

Selain itu, coklat juga mengandung kafein yang bisa mempengaruhi kerja jantung. Semakin banyak anda minum coklat, maka semakin banyak porsi kafein yang anda minum sehingga akan membuat jantung berdebar. Fungsi tubuh lain juga akan terganggu kalau anda tidak toleran terhadap kafein. 

Selain dampak negatif tersebut, sebenarnya minum coklat dapat memberikan efek positif yang sangat bagus bagi tubuh. Dilansir dari European Journal of  Clinical Nutrition, minum coklat secara rutin juga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Coklat mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lancar mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi.

Minum coklat secara rutin juga dipercaya dapat membantu fungsi otak agar tetap optimal dan mencegah penyakit neurologis. Selain itu, coklat juga bisa membuat perasaan bahagia ketika anda memakannya. Coklat akan merangsang hormon dopamin yang bertanggung jawab atas rasa bahagia. 

Minum coklat secara rutin memang memiliki banyak sekali dampak positif, tetapi juga dampak negatif bila diminum dengan porsi yang berlebihan. Maka dari itu, porsi yang seimbang menjadi kunci untuk menikmati coklat secara sehat. Satu cangkir coklat berukuran 150 ml sampai 200ml sudah cukup dalam satu hari. 

2. Pilih Coklat Hitam Berkualitas

Anda sudah mengetahui berbagai dampak positif dari konsumsi coklat pada poin sebelumnya. Sebenarnya coklat murni yang berkualitas memang memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Justru penyakit datang dari produk coklat yang tidak berkualitas dengan kandungan bahan pengawet dan kandungan gula yang terlalu tinggi. 

Maka dari itu, anda harus memilih produk bubuk coklat hitam berkualitas bila ingin minum coklat setiap hari. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tanaman coklat berkualitas yang telah diolah menjadi coklat bubuk oleh Cokelatin, UMKM lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2016 dan fokus memproduksi coklat asli Indonesia. 

Cokelatin memiliki produk coklat bubuk yang tepat untuk anda, yaitu Cokelatin Dark Choco yang terbuat dari kakao asli Sulawesi Selatan. Komposisi Cokelatin Dark Choco juga penuh dengan coklat hitam hingga mencapai 80%. Komposisi coklat yang sangat banyak ini memungkinkan anda untuk mendapatkan manfaat positif dari coklat. 

Bukan hanya itu saja, Cokelatin Dark Choco juga mengandung krimer nabati yang tinggi akan serat, cocoa butter, dan gula pasir premium. Kandungan krimer nabati pada Cokelatin Dark Choco akan membantu melancarkan pencernaan anda.

3. Pilih yang bebas gula

Dilansir dari Fatsecret, 1 sendok bubuk coklat murni hanya mengandung 12 kalori saja. Kalori merupakan satuan energi yang anda peroleh ketika makan atau minum sesuatu. Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tetapi umumnya berkisar sekitar 2000 kalori setiap hari.  

Saat anda konsumsi kalori yang lebih besar daripada kalori yang dibutuhkan, maka lemak anda akan bertambah. Sedangkan ketika anda konsumsi kalori yang lebih kecil daripada kebutuhan kalori anda, maka lemak pada tubuh anda akan berkurang. 

Kalori pada coklat memang sangat kecil sehingga kemungkinan kecil untuk menambah berat badan anda. Namun, kandungan gula pada berbagai produk coklat yang bisa menambah berat badan anda. 

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih produk coklat dengan kandungan gula yang sedikit atau yang bebas gula. Bukan hanya menyebabkan berat badan berpotensi naik, tetapi gula juga menyebabkan penyakit berbahaya. 

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh gula adalah diabetes. Bahkan banyak penderita diabetes di seluruh dunia, terutama penderita diabetes tipe 2. Dilansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, mengurangi konsumsi gula dan rutin konsumsi coklat murni akan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes dan kondisi obesitas. 

Coklat sendiri pada umumnya memiliki rasa yang pahit. Namun, anda dapat minum Cokelatin Dark Choco kalau tidak menyukai rasa coklat yang pahit. Cokelatin Dark Choco masih mengandung sedikit gula premium dalam jumlah yang sedikit. Hal ini akan membuat Cokelatin Dark Choco memiliki sedikit rasa manis, tetapi tidak mengurangi cita rasa dari coklat.

4. Bebas pengawet

Kalau anda ingin minum coklat setiap hari, sangat penting untuk memilih produk coklat yang bebas pengawet. Minum coklat yang mengandung bahan pengawet dan berbagai bahan kimia lainnya sangat tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Selain itu, bahan pengawet juga bisa merusak cita rasa dari minuman coklat yang anda konsumsi. 

Bahan pengawet pada suatu produk minuman coklat memang berguna untuk menjaga agar produk tersebut bertahan lama. Selain itu, beberapa bahan pengawet juga telah mendapatkan izin sehingga dapat digunakan dalam berbagai industri makanan atau minuman. Namun, bahan pengawet yang telah mendapatkan izin tersebut tetap tidak baik untuk kesehatan kalau dikonsumsi setiap hari. 

Minum minuman coklat tanpa bahan pengawet menjadi hal terbaik yang bisa anda lakukan karena lebih sehat dan rasa dari minuman coklat tersebut tetap murni. Dampak negatif dari minum bahan pengawet setiap hari adalah alergi yang tiba-tiba muncul. 

Cokelatin Dark Choco sendiri tidak mengandung bahan pengawet sama sekali sehingga sangat aman untuk anda konsumsi. Minum Cokelatin Dark Choco setiap hari akan memberikan anda manfaat kesehatan karena memang tidak ada bahan pengawet pada produk yang satu ini. 

Jadi, apakah anda boleh minum coklat setiap hari? Jawabannya adalah boleh asalkan anda tetap minum coklat dengan porsi yang seimbang, memilih coklat hitam yang berkualitas, memilih coklat yang bebas gula, dan memilih coklat yang bebas pengawet. Selalu perhatikan kandungan dan komposisi dari produk coklat yang akan anda konsumsi untuk selalu menjaga kesehatan anda sendiri.

Recent Post

Follow Us