Tips Menurunkan Tekanan Darah Dengan Minum Dark Coklat

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu kondisi berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, dan lain sebagainya. Kebanyakan penderita tekanan darah tinggi juga tidak menyadari kondisinya tersebut sehingga secara tiba-tiba akan mengalami penyakit tersebut. Maka tidak heran kalau tekanan darah tinggi sering disebut “Pembunuh dalam diam”.

Oleh karena itu, anda harus rutin memeriksa tekanan darah. Apa lagi kalau anda memang memiliki riwayat keturunan darah tinggi, sudah lanjut usia, dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Jika anda sudah terdeteksi memiliki tekanan darah tinggi, maka anda harus melakukan tindakan untuk menurunkan tekanan darah. 

Kebanyakan tindakan untuk menurunkan tekanan darah sangat membuat tidak nyaman karena berbagai pantangan, seperti tidak boleh konsumsi garam yang berlebihan. Namun, ada satu cara menurunkan tekanan darah yang akan bisa anda nikmati, yaitu dengan konsumsi minuman dark coklat bubuk. 

Sudah ada penelitian yang menunjukkan kalau konsumsi dark coklat dalm bentuk minuman dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena dark coklat mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh dan membuat pembuluh darah menjadi elastis. Agar konsumsi dark coklat semakin optimal untuk menurunkan tekanan darah, inilah beberapa tips yang bisa anda lakukan:

1. Adanya Kandungan Flavonoid

Dark coklat memiliki beberapa zat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu zat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tersebut adalah flavonoid, sebuah senyawa yang biasanya terdapat pada buah dan sayuran. 

Manfaat dari senyawa bernama flavonoid ini ada banyak sekali, seperti mencegah penyakit diabetes, mengurangi risiko terkena kanker, mencegah penyakit kognitif, mengurangi dampak infeksi virus, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi. Tidak heran kita selalu dianjurkan untuk makan sayur dan buah setiap harinya. 

Kalau anda tidak suka makan sayur atau buah karena rasanya yang tidak sesuai dengan selera, maka anda bisa mencoba konsumsi dark coklat dalam bentuk minuman. Dark coklat memiliki perpaduan antara rasa cukup pekat khas coklat asli. Jika anda mencari produk dark coklat yang berkualitas dan enak, anda bisa membeli Cokelatin Dark Coklat. 

Flavonoid mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi kandungan oksidasi pada kolesterol jahat. Artinya, dengan konsumsi flavonoid secara rutin akan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah kolesterol total di dalam tubuh anda sehingga mengurangi plak pada pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih lebar. 

Karena proses ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, maka tekanan darah akan kembali normal. Tidak hanya itu saja, penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung juga berisiko menyerang anda karena kerja jantung jadi lebih ringan kalau proses tersebut dilakukan secara konsisten. 

2. Konsumsi Secara Rutin

Menurunkan tekanan darah bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan cepat. Perlu waktu yang sangat panjang untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan harus dilakukan secara konsisten setiap harinya. Seperti mengkonsumsi flavonoid secara konsisten setiap harinya agar kolesterol jahat di dalam tubuh menurun yang pada akhirnya membuat pembuluh darah melebar dan menurunkan tekanan darah serta membuat kerja jantung jadi lebih ringan. 

Konsumsi buah atau sayuran setiap hari dan anda juga bisa mengimbanginya dengan olahan bubuk dark coklat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau dark coklat juga mengandung flavonoid yang berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, rasa dark coklat memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin membuat anda lebih nyaman mengkonsumsinya.

Universitas Aisyiyah Yogyakarta melakukan penelitian terhadap penderita kondisi tekanan darah tinggi yang diberikan dark coklat secara rutin selama 7 hari berturut-turut. Hasilnya ditemukan bahwa dark coklat berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Dark coklat yang berkualitas mengandung flavonoid yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Jika dikonsumsi secara rutin, maka pembuluh darah akan semakin sehat dan menurunkan tekanan darah secara signifikan. 

3. Disajikan Tanpa Bahan Tambahan Apapun

Dari penjelasan sebelumnya dan penelitian yang telah dilakukan, dark coklat memang terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, harus disajikan dengan benar. Salah satu cara penyajian dark coklat yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah disajikan tanpa bahan tambahan apapun. 

Mungkin sebagian dari anda merasa kalau dark coklat akan lebih baik ditambahkan beberapa bahan, seperti gula, krimer, kopi, dan lain sebagainya. Tambahan bahan tersebut dapat mengganggu kandungan zat di dalam tubuh sehingga fungsi dari dark coklat tidak akan optimal. 

Jika anda menambahkan gula pada dark coklat, maka bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Tidak hanya itu saja, tekanan gula darah yang naik bisa meninggalkan plak pada pembuluh darah yang pada akhirnya juga membuat tekanan darah menjadi ikut naik. 

Begitu juga dengan beberapa bahan lainnya yang mengandung gula atau rasa manis. Memang rasa manis lebih nikmat bagi lidah. Namun, anda harus mengurangi mengkonsumsinya untuk menghindari risiko penyakit berbahaya. 

4. Konsumsi Hangat atau Dingin

Tidak ada hubungan yang signifikan antara suhu minuman coklat bubuk terhadap tekanan darah. Anda bisa mengkonsumsi minuman dark coklat bubuk secara hangat ataupun dingin, tergantung dari selera anda. Baik dikonsumsi secara hangat ataupun dingin, dark coklat tetap baik asal tidak ditambahkan bahan lainnya. 

5. Memilih Bubuk Coklat Premium

Konsumsi minum dark coklat bubuk akan lebih nikmat kalau anda menemukan produk yang premium. Salah satu produk dark coklat bubuk premium adalah Cokelatin Dark Coklat yang terbuat dari biji kakao asli yang telah melalui proses pengolahan yang sangat detail. Biji kakao yang digunakan pada Cokelatin Dark Coklat merupakan asli dari Sulawesi Selatan. 

Bahkan anda tidak perlu menambahkan berbagai bahan tambahan lagi pada Cokelatin Dark Coklat karena rasanya sudah nikmat dan lezat, terutama bagi anda pecinta coklat. Dalam Cokelatin Dark Coklat terkandung 80% bubuk kakao asli Sulawesi Selatan yang baik bagi kesehatan. 

Dengan memilih produk minuman dark coklat bubuk yang berkualitas, maka menurunkan tekanan darah juga menjadi lebih mudah. Segera dapatkan Cokelatin Dark Coklat di berbagai e-commerce di Indonesia. Cokelatin Dark Coklat sendiri memang sangat berguna bagi kesehatan anda.

Recent Post

Follow Us